Kamis, 16 April 2015

KETERBUKAAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN, PAUD IT ASY SYAFFA 2 KOTA MAGELANG ADAKAN PROGRAM HOME SWEET HOME


Halaman Sekolah- Anak-anak memamerkan spanduk agenda Home Sweet Home sebelum berangkat.
Halaman Sekolah- Foto bersama sebelum berangkat.
Suara riuh kegembiraan terdengar dari kejauhan, anak-anak terlihat berlalu lalang dengan suka cita. Beberapa unit angkutan kota sudah terparkir rapi di area depan sekolah mereka, Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu (PAUD IT) ASY SYAFFA 2  (16/4) . Guru dan siswa dari PAUD IT AS SYAFFA 2 yang beralamat di Jalan Sunan Ampel 2B, Ganten Jurangombo Selatan Kota Magelang, terlihat sibuk mempersiapkan segala perlengkapan untuk berpindah tempat belajar. Bukan karena untuk mengungsi, spesial  pada hari Kamis (16/5) PAUD IT ASY SYAFFA 2 melakukan kegiatan “HOME SWEET HOME” VII tahun ajaran 2014/2015. 
Depan Ruang Kelas Pesawat- Siswa-siswi PAUD berbaris.
Halaman Sekolah- Menyiapkan perbekalan untuk kegiatan belajar Home Sweet Home
Kegiatan HOME SWEET HOME adalah kegiatan rutin sebulan sekali yang diadakan pihak sekolah PAUD  IT ASY SYAFFA 2. HOME SWEET HOME adalah kegiatan kunjungan bermain dan belajar di luar sekolah, tepatnya mereka berkunjung ke salah satu rumah teman sekelas mereka. Secara bergantian pada setiap bulan, anak-anak berkunjung ke salah satu rumah teman, dimana di rumah teman tersebut mereka juga melakukan pembelajaran yang menyenangkan seperti halnya di sekolah.
Beberapa anak pun terlihat membawa mainan dan peralatan yang biasa mereka gunakan di sekolah untuk dibawa pada saat kunjungan. Ada 11 angkutan umum yang sengaja di sewa untuk membawa mereka ke tempat tujuan masing-masing kelas. Dimana terdapat 15 kelas yang melakukan kunjungan. Sedangkan empat kelas tidak menggunakan angkutan umum karena jarak rumah dengan sekolahan yang berdekatan.
Tempat tujuan HOME SWEET HOME juga berbeda-beda, di daerah Panca Arga, Bogeman, Glagah, Meteseh, Tidar, Jogonegoro, Cacaban maupun dibeberapa perumaan yang ada di Kota Magelang. Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, beberapa angkutan telah melaju untuk mengantarkan anak-anak PAUD AS SYAFFA ke tujuan masing-masing.
Menurut Bu Emi yang merupakan guru dari kelompok Asma, kunjungan HOME SWEET HOME telah dijadwalkan sejak Pertemuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG) pada awal tahun. Adapun lokasi tujuan HOME SWEET HOME sudah ditentukan sejak awal, sehingga baik orang tua murid dan guru telah siap menjalankan program inovatif ini.
Rumah Fahim- Menyimak penjelasan Guru
Tujuan dari program HOME SWEET HOME diutarakan oleh Bu Emi yaitu “Agar orang tua murid mengetahui proses pembelajaran anak seperti apa saja di sekolah, orang tua juga bisa melihat anaknya belajar seperti apa, selain itu juga memberikan suasana yang berbeda untuk anak dengan bermain dan belajar di luar sekolah”, jelas Bu Emi.

Kediaman Fahim- Kolam Lele dadakan

Salah satu Kelompok yang dibimbing oleh Bu Emi dan juga Bu Nunik, melakukan kunjungan ke rumah salah seorang siswa yaitu Fahim Ahmad Sifyan (4) yang merupakan anak dari Bapak Siswo Waluyo dan Ibu Budi Listyanawati Wardhani, berlokasi di Bogeman Magelang. kunjungan di rumah ananda Fahim berbeda dengan kunjungan biasanya. Karena dalam kunjungan ini, pihak orang tua dari ananda Fahim telah mempersiapkan kolam ikan lele. Adapun kolam itu disediakan khusus untuk kunjungan HOME SWEET HOME.
Ditemui di kediamannya Ibu Wardhani (42) yang berprofesi sebagai seorang guru mengungkapkan kegembiraannya karena rumahnya digunakan sebagai tempat HOME SWEET HOME dari sekolah PAUD IT ASY SYAFFA 2. Ibu dari ananda Fahim ini mengungkapkan bahwa, “positif sekali menurut saya, karena kegiatan ini tidak ada di sekolah lainnya, dengan adanya kegiatan ini kan bisa mendekatkan orang tua murid dengan guru, ada juga kesempatan silaturohmi antar orang tua murid karena nanti ada sesi penjemputan oleh wali muridnya, jadi anak-anak khusus home sweet home dijemput di lokasi kunjungan. Dengan adanya program seperti ini, orang tua jadi tau rumahnya, kan jadi silaturohmi”, jelas Ibu Wardhani.
Ibu Wardhani pun juga menceritakan antusiasme ananda Fahim saat teman-teman sekolah akan berkunjung ke rumahnya. Fahim sibuk mempersiapkan mainan yang akan ditunjukan ke teman-temannya.
Kunjungan yang dilakukan selama tiga jam ini, dirasakan oleh guru sebagai sarana untuk memperkenalkan bentuk pembelajaran yang selama ini mereka lakukan di sekolah kepada orang tua murid. Sebagai salah satu bentuk keterbukaan agar orang tua murid juga mengetahui proses dan juga tahapan perkembangan si anak.
Dalam persiapannya, menurut Bu Nunik, pihak sekolah tentunya mengkomunikasikan kepada orang tua yang bersangkutan untuk dilakukannya kunjungan. Selain itu, pihak sekolah juga memfasilitasi alat transportasi yang digunakan untuk mengantarkan dan menyiapkan logistik seperti snack untuk anak-anak. Untuk kegiatan tambahan seperti hal nya pada kunjungan yang dilakukan di rumah Ananda fahim yaitu kegiatan mancing lele bersama, hal itu merupakan kreatifitas orang tua untuk memfasilitasi anak-anak dalam kunjungannya. “Dari pihak Pak Siswo dan Bu Wardhani sudah mengkomunikasikan kepada pihak sekolah apabila akan mempersiapkan kolam lele agar anak-anak dapat bermain dan belajar tentang memancing ikan”, jelas Bu Nunik.
Pihak sekolah PAUD IT ASY SYAFFA merasa senang dan berterima kasih kepada semua orang tua murid karena telah dapat bekerja sama dengan baik untuk membantu melancarkan program kegiatan HOME SWEET HOME. Dengan adanya proses pembelajaran yang menyenangkan diharapkan anak-anak menjadi semangat dalam menempuh pendidikan baik itu pendidikan usia dini sekalipun, ungkap Bu Wardhani. (FN)


DOKUMENTASI KEGIATAN DI RUMAH LAIN 

 
Sentra Mewarnai


Ramah Tamah

Berkreatifitas Mandiri
Foto Bersama

Sholat Dzuhur Berjamaah
Mengenal lebih dekat pohon Jeruk

Photo Bersama