Selasa, 28 April 2015

MEMBANGUN GENERASI CINTA AL-QURAN, TKIT ASY SYAFFA ADAKAN PARADE GENERASI QUR’AN

Munaqasah ala Taman Kanak-kanak Asy Syaffa (28/4)

“Yang terbaik diantara kamu adalah yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya”
-Riwayat Bukhari-

Panggung sederhana nan cantik sudah tertata rapi di halaman sekolah TKIT Asy Syaffa yang beralamat di Kampung tulung Kota Magelang.  Spanduk indah bertuliskan “Parade Generasi Qur’an KB-TKIT Asy Syaffa” menambahkan semangat dalam pelaksanaan Kegiatan Munaqasah (ujian) Qur’an Ala Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Asy Syaffa untuk menyongsong generasi Qur’an yang tangguh, Selasa (28/4).

Berpakaian muslim rapi, terlihat riang gembira, dan tentunya mereka adalah generasi pecinta Al-Qur’an, mereka lah anak didik TKIT Asy Syaffa yang telah siap untuk maju dan metahfidzkan ayat-ayat Qur’an yang telah diajarkan sebelumnya. Pentas Qur’an yang dilantunkan oleh anak-anak cilik berusia empat hingga enam tahun, menjadi cerminan bahwa anak-anak adalah generasi yang pintar dan mampu menghafal al-Qur’an.  Masa anak-anak merupakan masa brilian untuk mulai ditanamkan kecintaan terhadap Al-Qur’an.

Didampingi oleh guru pengasuh, anak-anak didik TKIT Asy Syaffa yang berjumlah 12 kelas terdiri dari enam kelas A (TK kecil) dan enam kelas B (TK besar) mulai bergantian maju dan mementaskan hafalan Quran yang mereka kuasai. Kebolehan akan hafalan anak-anak pun diuji secara langsung oleh Bunda Soemijati selaku koordinator pembelajaran al-Qur’an metode UMMI di TKIT Asy Syaffa. Tak tanggung-tanggung surat yang diujikan adalah surat-surat Al-Quran yang tergolong panjang diantaranya yaitu Al-Ghosiyah, At-Thoriq, Al- Insyiqoq, Al-A’la, Al-Buruj, Al-Lail , Al-Balad, Ab Basa, An Naba dan Al-Baqoroh ayat 1-5.
Aksi anak TKIT Asy Syaffa dalam melantunkan surat-surat Al-Qur'an (19/4)

Anak-anak TKIT Asy Syaffa terlihat bersemangat melantunkan ayat-ayat Al-Qur’an.  Menurut Bunda Soemijati anak didik TKIT Asy Syaffa telah diajarkan membaca Al-Qur’an dan hafalan surat Al-Qur’an sesuai dengan target pengajaran metode UMMI. TKIT Asy Syaffa juga mengajarkan hafalan surat panjang dengan tujuan agar anak-anak bangga dan senang memiliki hafalan surat yang panjang.

“Anak-anak terlihat bangga dan senang memiliki hafalan surat-surat panjang sehingga ketika sudah biasa membaca Al-Quran anak-anak menjadi terpacu dan berkeinginan untuk menghafal surat-surat yang lebih panjang lagi” ungkap Bunda Soemi.

Bunda Soemi juga menjelaskan bahwa acara Parade Generasi Qur’an TKIT Asy Syaffa adalah untuk mengecek hasil pengajaran hafalan Al-Qur’an dari Bunda-Bunda kepada anak didiknya, jelas Bunda Soemi.


Subhanallah, begitu hebat anak-anak usia dini TKIT Asy Syaffa melantunkan ayat al-Qur’an, membuat bangga dan haru ketika anak bisa menghafalkan al-Qur’an. Ujian hafalan Quran Ala anak TKIT Asy Syaffa yang dimulai pada pukul 08.00 WIB berakhir pada pukul 10.00 WIB. Semua kelas telah menunjukkan kecerdasannya menghafal. Terimakasih Bunda-Bunda pengajar TKIT Asy Syaffa yang terus mendidik dan mengajarkan generasi Indonesia untuk mencintai Al-Qur’an. Dan Terimakasih kepada seluruh putra-putri membanggakan TKIT Asy Syaffa yang pintar dan ingin terus belajar. (FN)