Jumat, 17 April 2015

SDIT IHSANUL FIKRI DUKUNG KOTA MAGELANG RAIH ADIPURA KENCANA



YUUK, BERSIH-BERSIH SEKOLAH!

 
Siswi SDIT Ihsanul Fikri sedang membersihkan halaman sekolak (17/4). (uz)
Kekompakan, kerja keras, dan canda tawa terlihat di gerak-gerik anak SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang yang sedang bergotong royong membersihkan dan memunguti sampah di area sekolah (17/4). Sembari membawa berbagai macam peralatan kebersihan, mereka terlihat sibuk merapikan kelas dan area Sekolah Dasar Islam Terpadu yang beralamat di Sanden Kota Magelang. 

Guru dan Siswa terlihat bekerja sama membersihkan halaman SDIT Ihsanul Fikri (17/4). (uz)

Mulai dari pukul 07.30-09.50 WIB, siswa siswi SDIT Ihsanul Fikri dari kelas 1 hingga kelas 6 bergotong royong yang tentunya disertai candaan khas anak sekolah dasar. Terlihat beberapa guru dan siswa SDIT Ihsanul Fikri saling bahu membahu untuk merapikan area sekolah. 

Ditemui di kantor, Ibu Rosyidah Rizki Yanendri (34) yang merupakan penanggung jawab program Jumat Bersih SDIT, mengungkapkan bahwa, Jumat bersih yang berupa kerja bakti guru dan siswa SDIT Ihsanul Fikri adalah untuk mendukung Kota Magelang dalam rangka program Adipura Kencana yang diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

“Dalam rangka penilaian Adipura Kota Magelang yang diselenggarakan hari senin (20/4) seluruh instansi pendidikan Kota Magelang melakukan Jumat Bersih untuk mendukung Kota Magelang dalam meraih penghargaan Adipura Kencana”, jelas Ibu Rosyidah.

Adapun aspek penilaian yang dilihat adalah program Adipura Kencana adalah kebersihan kota yang nyaman untuk warga dan masyarakatnya. SDIT Ihsanul Fikri yang merupakan sekolah unggulan dengan akreditasi A dengan jumlah siswa sebanyak 810 anak, ikut berperan aktif dalam meingkatkan program pemerintah Kota Magelang.
Jumat bersih yang diselenggarakan oleh SDIT Ihsanul Fikri juga bertujuan untuk melatih anak bekerja bakti dan juga menciptakan suasana bersih serta nyaman di lingkungan sekolah. Dengan jumlah siswa yang begitu banyak, pihak guru SDIT Ihsanul Fikri membuat jadwal kerja bakti menjadi dua periode. Yaitu dimulai dari pukul 07.30-08.40 WIB untuk siswa kelas 1-3. Dan pukul 08.40-09.50 WIB untuk kelas 4-6. Setiap kelas juga diberikan job desk tersendiri untuk mengefektifkan Jumat Bersih. Upaya pembagian jadwal dan job desk dilakukan agar setiap siswa bekontribusi secasa langsung dalam membersihkan lingkungan dan juga untuk mentertibkan siswa, ujar Bu Rosyidah. (FN)