Senin, 27 April 2015

TK IT ASY SYAFFA’ DAN PAUD IT ASY SYAFFA’ 2 RAMAIKAN HUT HIMPAUDI KE – 9 KOTA MAGELANG




Tari Kuda Lumping- Seluruh Peserta Pasar Budaya mengikuti tari Kuda Lumping (25/4)
MAGELANG – Rinto (28) yang merupakan ketua Panitia HUT HIMPAUDI Kota Magelang yang ke-9 menyampaikan bahwa untuk meramaikan sembilan tahun HIMPAUDI ini, digagaslah Kegiatan Pasar Budaya bertema “Mengenalkan Budaya Tradisional Sejak Anak Usia Dini”. Kegiatan yang diselenggarakan sejak pukul 08.00-11.00 dan bertempat di GOR SAMAPTA dihadiri oleh 50 lembaga PAUD Se-Kota Magelang, yang jika ditotal terdapat 1706 anak paud yang diundang. “Susunan Acara Pasar Budaya diawali dengan pembukaan tari Ndayakan yang dibawakan oleh 35 siswa dari SMK 17, sambutan – sambutan, tari kuda lumping oleh seluruh peserta, melukis kuda lumping, dan terakhir ditutup dengan tari blekdidot, pengumuman pemenang, dan penyerahan hadiah.” Jelas Rinto. (25/4) “Karena kegiatan ini diperuntukkan untuk seluruh sekolah PAUD se-Kota Magelang, TK IT Asy Syaffa’ dan PAUD IT Asy Syaffa’ 2 yang masuk dalam daftar undangan turut hadir dalam meramaikan agenda tersebut”, terang ustadzah Lisna (24) selaku Humas PAUD IT Asy Syaffa’ 2.

Siti Banatun Nafiah
Siti Banatun Nafiah (44) yang merupakan Kepala Sekolah PAUD IT Asy Syaffa’ 2 sekaligus Ketua Umum HIMPAUDI Kota Magelang dua periode ini (periode 2010/2014 dan 2015/2019) menjelaskan bahwa HIMPAUDI merupakan kependekan dari Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia. Di Kota Magelang sendiri, HIMPAUDI sudah berdiri sejak tahun 2006 dengan tiga pembagian wilayah, yaitu Magelang Utara, Magelang Tengah, dan Magelang Selatan. Untuk tahun ini penanggungjawab kegiatan HUT HIMPAUDI Kota Magelang dipercayakan pada wilayah Magelang Tengah. “Semoga HIMPAUDI menjadi salah satu pilar penentu kemajuan pendidikan di Indonesia Masa Depan”, demikian kutipan pidato sambutan yang disampaiakan oleh beliau. Kemudian diakhir pidatonya beliau menyerukan beberapa kali kata “HIMPAUDI” yang serta merta kemudian disambut dengan kata “JAYA!”.

Foto bersama- Rinto (28) diantara Kelompok Tari Blekdidot

Mbak Saya (4)- Perwakilan Lomba Lukis Kuda Lumping TKIT Asy Syaffa'


Agenda Inti dari Perayaan ini adalah diadakannya Lomba Lukis Kuda Lumping. Setelah digunakan untuk menari, Kuda Lumping berwarna putih yang menjadi properti utama kemudian diubah menjadi beraneka macam warna dengan cara dilukis menggunakan cat dan kuas yang telah dipersiapkan dari rumah. Mekanisme penjuriannya adalah, setiap lembaga mewakilkan satu karyanya untuk dinilai tim dewan juri. Pada kesempatan ini, TK IT Asy Syaffa’ mewakilkan hasil lukisan kuda lumping anak didiknya yang bernama Saya (4). Mbak Saya menyampaikan perasaan senangnya karena bisa mengikuti lomba lukis kuda lumping, Mbak Saya yang bertempat tinggal di Potrobangsan    Setelah lomba lukis selesai, anak-anak dihibur dengan tarian Blekdidot yang keduabelas personilnya merupakan pengajar PAUD. Tarian tradisional ini merupakan ciptaan Bagong Kussudiardjo. Seorang Begawan seni Indonesia nyang mengawali karirnya sebagai penari Jawa Klasik. (SPL)