Rabu, 06 Mei 2015

AYO KITA BERENANG! SISWA-SISWI PAUD IT ASY SYAFFA'2 PENGENALAN AIR

Kolam renang- Suasana Soekotjo (atas) dan Pisangan (bawah) (6/5)

MAGELANG- Berenang merupakan salah satu keahlian yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. selain berkuda dan memanah. PAUD IT Asy Syaffa' 2 telah memasukkan kurikulum berenang dalam salah satu kjegiatan belajar dan mengajarnya. Kegiatan berenang ini diperuntukkan bagi seluruh kelompok, yaitu kelompok Play Grup (PG), kelompok B (kelas TK kecil), kelompok C (kelas TK besar). Untuk kelompok PG bertempat di sekolah, sedangkan untuk kelompok B dan C bertempat di Kolam Renang Soekotjo untuk siswa putri dan Pisangan untuk siswa putra. Jadwal kegiatan berenang untuk PG yaitu tanggal 5 Mei untuk kelas Asma', 6 Mei untuk kelas Fatimah, 11 Mei untuk kelas Abbas, dan 12 Mei untuk kelas Bilal. Sedangkan kelompok B dan C diadakan pada hari Selasa (5/5) dan Rabu (6/5) pekan ini. Kegiatan berenang ini bertujuan untuk melatih olah tubuh anak agar tidak takut dengan olahraga air. Selain itu juga melatih kemandirian selama menyiapkan peralatan apa saja yang akan dipakai saat berenang dan menumbuhkan rasa tanggungjawab anak setelah kegiatan selesai. "Sebelum mengenalkan kegiatan berenang  di kolam renang, para guru sudah memberikan persepsi terlebih dahulu kepada anak-anak. Harapannya adalah agar anak-anak dapat menjaga sendiri barang-barang bawaannya dan menatanya dengan rapi di lokasi.", ujar Bu Guru Wati yang merupakan penanggungjawab bagian kesiswaan. PAUD IT Asy Syaffa' 2 sendiri memiliki dua pelatih renang langganan, yaitu Ibu Esti dan Ibu Eli yang keduanya merupakan instruktur senam. "Keberadaan dua pelatih ini yaitu untuk kepentingan keamanan, karena dari internal Guru PAUD belum ada yang ahli di bidang ini.", terang Bu Wati.

Pemanasan- Siswi kelompok B sedang melakukan lari-lari kecil bersama Bu Esti (5/5) (dokumentasi wali murid)
Renang- Siswi kelompok B sedang melakukan pengenalan dasar-dasar di dalam air (5/5) (dokumentasi wali murid)
Pemisahan putra dan putri saat pelajaran berenang merupakan pembelajaran tersendiri bagi peserta didik. Mereka juga diharuskan memakai pakaian yang syar'i (menutup aurat) sekalipun berada di kolam renang. Bu Tri, selaku penanggungjawab bagian siswa putra menuturkan bahwa ada 39 anak yang mengikuti kelas renang pagi ini. Bu Wati, selaku penanggungjawab bagian putri menjelaskan ada 43 anak yang mengikuti kelas renang pagi ini. ehingga total ada 82 anak yang mengikuti kelas renang pagi ini. "Dari ke-39 anak tersebut, terdapat berbagai macam kondisi, ada yang sudah paham dengan barang-barang bawaannya, tetapi masih ada juga yang masih bingung. Sehingga tak jarang ada barang-barang yang tercecer di kolam renang.", ujar Bu Tri. Bu Retno yang juga turut mengawasi bagian siswa putra memberikan komentar atas kegiatan pagi ini, "Mungkin beberapa anak sudah sering diajak berenang juga oleh orang tuanya, sehingga ketika Bu Eli ingin mengajarkan anak-anak renagng menggunakan gaya katak, anak-anak ada yang asyik bermain perosotan dan air sendiri." Bella (6) merupakan siswi kelompok Umar kelas TK Besar, mengaku sangat senamg selama mengikuti kelas berenang. "Aku sudah bisa renang sendiri, dulu masih pakai pelampung, tapi sekarang nggak. Senang bisa berenang bersama teman-teman, tetapi airnya dingin.", ceritanya.

Kelompok C- Kegiatan Siswi putri selama di  Soekotjo (6/5)
Kelompok C- Kegiatan Siswa putra selama di  Pisangan (6/5)

Kegiatan anak-anak selama di kolam renang yaitu berbaris rapi sebelum memasuki loket kolam renang, kemudian dengan tertib mereka menuruni anak tangga menuju kolam renang. Sebelum berganti pakaian renang, anak-anak diharuskan menata tas dan sandal/sepatu mereka masing-masing. Selanjutnya mereka melakukan pemanasan yang dipandu oleh pelatih renang. Pemanasan yang dilakukan adalah pemanasan ringan dan pernafasan. Setelah itu anak-anak diperbolehkan untuk masuk ke dalam kolam dengan tertib. Pelajaran dasar renang untuk anak PAUD diantaranya yaitu belajar jalan di dalam air, yaitu anak-anak dipegang tangannya oleh pelatih dan juga guru pendamping sambil menggerak-gerakkan kakinya agar tubuh mengambang. kegiatan ini berlangsung kurang lebih selama 30 menit, dan 30 menit kemudian anak-anak dimandikan. Kemudian dengan dibantu ibu guru, mereka menggunakan kembali seragamnya untuk bersiap pulang. (SPL)