Senin, 11 Mei 2015

HADLONAH ASY SYAFFA', YAYASAN IHSANUL FIKRI MILIKI LEMBAGA PENDIDIKAN BARU






Suasana Hadlonah- Anak-anak tengah asyik bermain dengan beberapa permainan edukasi. (7/5)

MAGELANG- Yayasan Ihsanul Fikri (YIF) sebagai sebuah lembaga yang peduli terhadap pendidikan merasa terpanggil untuk melengkapi program pendidikan PAUD  dengan membuka program Taman Pendidikan Anak (TPA).  Hal ini sebagai langkah penyempurnaan pengembangan potensi anak usia dini, serta suppporting terhadap cita-cita 100 tahun Indonesia merdeka. Dengan adanya TPA semoga menjadi bagian solusi dari permasalahan pendidikan dan pengasuhan putra-putri pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan lembaga pendidikan YIF. Bahwasanya pendidik dan tenaga kependidikan YIF dituntut profesional dalam bekerja, tetapi disisi lain mereka tidak bisa terlepas dari tugas dan kewajibannya sebagai orang tua dari anak-anak mereka yang tentu akan menjadi bagian dari batu bata dakwah 20 tahun yang akan mendatang. Hal ini adalah tanggungjawab besar bagi YIF sebagai sebuah yayasan yang menerapkan misi dakwah di seluruh aspek kehidupan.

Tahap perkembangan anak pada usia dini adalah tahapan emas dalam sebuah perkembangan kecerdasan manusia. Untuk itu diperlukan pendidikan yang holistik untuk mendukung perkembangannya. Sebagaimana disampaikan oleh Dirjen PAUD bahwa pendidikan holistik bagi anak usia dini adalah pendidikan yang menyeluruh / integral meliputi pendidikan, pengasuhan, kesehatan, gizi, dan perlindungan, maka setiap elemen masyarakat hendaknya mengupayakan ketercapaian aspek-aspek tersebut.

Hadlonah yang dibuka untuk anak usia dini kelompok usia 2 bulan s/d 30 bulan ini bertujuan untuk menyediakan lembaga kependidikan PAUD Terpadu holistik integrativ untuk anak usia dini di kota Magelang dan untuk membantu menyediakan alternatif pengasuhan bagi masyarakat, terutama jajaran pengurus dan anggota YIF serta tenaga kependidikannya. "Sejak dimulainya aktivitas pada tanggal 24 April hingga hari ini, Hadlonah telah memiliki delapan anak didik," ujar Dwi Indriani, S.Pt selaku penanggungjawab pengelolaan dan pengembangan lembaga. (7/5)

Hadlonah Asy Syaffa' yang beralamat di Jalan Jeruk Timur V Sanden, Magelang Utara, Kota Magelang ini membuka waktu layanan pada hari Senin - Sabtu. Untuk hari Senin s/d Jumat jam 06.30 - 16.00, sedang hari Sabtu jam 06.00 - 14.00. Tersedia paket harian dan bulanan yang kesemuanya mendapatkan fasilitas meliputi snack, makan siang, dan layanan edukasi, serta tambahan mandi sore bagi yang menitipkan anak hingga batas maksimal waktu penitipan. Anak-anak usia dini yang telah terdaftar, akan ditangani oleh dua orang tenaga pendidik, dan tiga orang pengasuh. Adapun peran dan fungsi dari pendidik adalah bertanggungjawab pada setiap kelas sesuai kompetensi pendidik PAUD, sedangkan pengasuh adalah pendamping pendidik dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan dan pengasuhan. Peserta layanan Hadlonah dikelompokkan dalam tiga kelompok dengan pelayanan sebagai berikut:
  1. Kelas Alif (Usia 06 - 12 bulan) = 8 anak dengan 2 pengasuh
  2. Kelas Ba' (Usia 13-20 bulan)    = 6 anak dengan 1 pendidik
  3. Kelas Ta' (Usia 21 - 30 bulan)  = 6 anak dengan 1 pendidik dan 1 pengasuh (untuk Kelas Ba' dan Ta')
Semoga dengan adanya Hadlonah, dapat membantu pendidik/guru SDIT/TKIT/PAUD dibawah YIF untuk bekerja optimal sesuai dengan profesinya, sehingga tugas sebagai orangtua dan pendidik tidak saling mengorbankan dan terkorbankan. (SPL)