Sabtu, 02 Mei 2015

HARDIKNAS, SDIT IHSANUL FIKRI ADAKAN KHATAMAN DAN IMTIHAN AL QUR'AN

Drs. H. Koesdiharno- Ketua Yayasan Ihsanul Fikri Kota Magelang

MAGELANG- Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) di lingkungan Yayasan Ihsanul Fikri Kota Magelang Hari berbeda. Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ihsanul Fikri yang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bernaung pada Yayasan Ihsanul Fikri Kota Magelang menggelar kegiatan Khataman dan Imtihan Al Qur'an. 

Koesdiharno, Ketua Yayasan Ihsanul Fikri Kota Magelang dalam sambutannya menyampaikan bahwa "Kemampuan membaca Al Qur'an putra-putri SDIT Ihsanul Fikri telah teruji di masyarakat, hal ini dibuktikan dengan diborongnya piala kejuaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) yang diadakan di tiga kecamatan, yaitu Magelang Utara, Magelang Tengah, dan Magelang Selatan. Pada setiap lomba MTQ di setiap kecamatan tersebut, masing-masing kecamatan terdapat pemenang berjumlah 14, 10, dan 10, sehingga total perwakilan dari SDIT Ihsanul Fikri yang akan maju ke tingkat Kota Madya ada 34 anak.

Dihari berbahagia ini, dua pemimpin lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Ihsanul Fikri Kota Magelang telah berhasil meraih prestasi membanggakan, yaitu Ibu Wiwik, Kepala Sekolah TKIT Asy Syaffa' 1 yang berhasil meraih Juara Pertama dan Ibu Fatin, Kepala Sekolah SMPIT Ihsanul Fikri yang berhasil mendapatkan Juara Kedua," jelas beliau.(2/5)

Tamu Undangan dan para wali murid SDIT Ihsanul Fikri

Dalam sambutannya, beliau mengajak para wali murid untuk bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Dengan mengutip sebuah Hadist Riwayat Abu Daud, dari Buraidah, Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang membaca Al-Qur’an, mempelajarinya, dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahanya seperti cahaya matahari dan kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya, ‘Mengapa kami dipakaikan jubah ini?’ Dijawab, ‘Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al-Qur’an.” Beliau menghimbau kepada para orang tua/ wali murid untuk menjaga kebiasaan membaca Al Qur'an minimal satu Juz dalam satu hari, disamping itu orang tua diharap dapat memberikan teladan membaca Al Qur'an yang baik bagi anak-anaknya di rumah. "Bagi bapak ibu yang belum dapat membaca Al Qur'an, dapat meminta untuk diajari oleh anaknya, tetapi jika ingin belajar dengan guru, maka kami dari pihak yayasan siap untuk mencarikan," ujar beliau dengan penuh keyakinan pada audience.

Foto Bersama Peserta Khataman dan Imtihan Al Qur'an SDIT Ihsanul Fikri 1436 H


Diakhir sambutannya, beliau  menginfokan adanya unit pendidikan baru, yaitu Hadonah, atau Tempat Penitipan Anak (TPA) yang tidak hanya sekedar menerima penitipan, tetapi juga bertanggungjawab dalam membimbing dan mendidi anak. Selain Hadonah, Insya Allah di tahun depan akan berdiri Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMAIT) Ihsanul Fikri Kota Magelang. "Maka, genap sudahlah kita bisa memiliki lembaga pendidikan dari TPA hingga SMA", tutup beliau.