Sabtu, 09 Mei 2015

JELANG UN, KELAS VI SDIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG GELAR DOA BERSAMA

Taujih- Ustadz Anwar Jufri Romli, Lc memberikan taujih pada tamu undangan. (9/5)
MAGELANG- Satu pekan lagi siswa-siswi Sekolah Dasar akan menghadapi Ujian Sekolah (US). Hal inilah yang mendasari Guru-guru SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang menggelar agenda Doa Bersama di Masjid Asy Syiffa hari ini. "Doa bersama ini merupakan salah satu sarana munajat agar mendapat kelancaran dan keberkahan", jelas Ustadz Devayana Nur Rahman selaku ketua panitia kegiatan. Kegiatan yang dikhususkan untuk siswa kelas VI ini juga turut mengundang orang tua wali murid. "Agenda yang mengangkat tema Dengan Rahmat Allah SWT, Gapai Cita Rahmatan Lil Alamin dibuka dengan basmalah ini akan diawali dengan sambutan Dra. Hj. Muawanah sebagai pengawas Pendidikan Agama Islam dari Kementrian Agama Islam, dilanjutkan sambutan Kepala Sekolah, taujih dan doa bersama Ustadz Anwar Jufri Romli, Lc, kemudian ditutup dengan agenda saliman", terang Ustadz Imam Sadzali sebagai penanggungjawab acara. Ustadz Deva juga menjelaskan bahwa tujuan dari agenda doa bersama yaitu bermunajat kepada Allah SWT, agar nantinya anak-anak bersemangat dalam beribadah dan belajar, serta mendapatkan berkah dalam pelaksanaan US. "Doa bersama ini bertujuan untuk memotivasi anak agar percaya diri dalam menghadapi US, bahwa anak-anak memiliki tanggungjawab kepada semua pihak di ujung masa belajarnya di SD.", tambah Ustadz Imam. (9/5)

Khusyuk- Suasana saat berdoa (9/5)
Dalam sambutannya, Ibu Muawanah mengingatkan agar para orang tua memikirkan keterjagaan pendidikan Al Qur'an dan nilai-nilai ajaran Islam yang telah diajarkan di SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang di jenjang pendidikan selanjutnya yang akan dituju. Kepala Sekolah SDIT Ihsanul Fikri, Ustadz Rozak dalam sambutannya berpesan pada anak-anak agar belajar maksimal pada pukul 21.30. "Hindari belajar wayangan, matikan televisi, dan jauhi game.", demikian pesan beliau. Terakhir, Ustadz Rozak mengingatkan disamping kita berdoa, kita juga harus ikhtiar yang sungguh-sungguh, dan bertawakal kepada Allah SWT, serta minimal pukul 03.30 sudah bangun untuk sholat tahajud. Dalam taujihnya, Ustadz Anwar menyampaikan empat rukun keberhasilan, yaitu Niat, Minta, Ilmu, dan Ikhtiar. Niat merupakan hal yang terpenting, karena nilai suatu amalan bergantung pada niatnya, jelas beliau dengan mengutip Hadist Arba'in nomor satu. Terakhir beliau mendoakan agar anak-anak SDIT Ihsanul Fikri dimudahkan dalam menghadapi segala ujian, tidak hanya terbatas pada Ujian Sekolah saja. Beliau juga mendoakan agar masa depan anak-anak sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

Saliman- para siswa, guru, dan orang tua bersalam-salaman (9/5)
Di akhir acara, terdapat agenda saliman, yaitu anak-anak bersalam-salaman meminta doa restu pada guru dan orangtua. Salma (12) siswi kelas VI C yang hadir bersama ibu dan kedua adiknya berharap bisa mendapatkan hasil yang terbaik pada US tahun ini. Siswi yang memiliki cita-cita menjadi hafidzah (penghafal Al-Qur'an) ini akan mlanjutkan sekolah ke Pondok Pesantren Rijalul Qu'an di Semarang untuk mencapai keinginannya untuk mengkhatamkan hafalan 30 Juz. Dalam wawncaranya, Salma menitipkan pesan untuk guru dan teman-temannya. Pesannya untuk para guru, "Terima kasih telah membimbing selama enam tahun." Sedangkan untuk teman-temannya, Salma mempunyai tiga pesan, yaitu mengajak untuk belajar yang rajin, jangan lupa puasa Senin-Kamis, dan One Day One Juz. (SPL)

Salma ditengah kedua temannya