Senin, 25 Mei 2015

PERPUSTAKAAN UMUM KOTA MAGELANG ADAKAN PELATIHAN JURNALISTIK MENULIS BERITA ONLINE GRATIS BAGI MASYARAKAT


Pelatihan Training Jurnalistik Perpustakaan Umum Kota Magelang bersama Ika Fitriana, wartawan Kompas.com di ruang diskusi Gedung Perpustakaan Umum Kota Magelang, Gedung Kyai Sepanjang lantai 1 pada hari Sabtu (23/5).
MAGELANG- Perpustakaan Umum Kota Magelang menyelenggarakan pelatihan jurnalistik gratis bertema menulis berita online bagi masyarakat pada hari Sabtu (23/5) di ruang diskusi Gedung Perpustakaan Umum Daerah Kota Magelang, Gedung Kyai Sepanjang lantai satu selama dua jam bersama Ika Fitriana, wartawan Kompas.com sebagai narasumber.

Pelatihan Jurnalistik gratis ini diselenggarakan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam menulis berita online. Fivi Restu Handayani, ketua panitia kegiatan ini menjelaskan bahwa Perpustakaan Umum Kota Magelang ingin mengajak masyarakat untuk bisa menulis setelah membaca. "Jika sudah banyak membaca, otomatis akan bisa menulis. Namun tidak sembarang menulis, tetapi menulis dengan ilmu. Oleh karena itu, dibuatlah kursus menulis jurnalistik yang terbuka bagi masyarakat dari segala usia," ujar beliau saat ditemui di ruang tamu Gedung Perpustakaan Umum Kota Magelang hari ini, Senin (25/5). Pelatihan menulis berita online merupakan rangkaian dari kursus menulis jurnalistik yang diselenggarakan Perpustakaan umum Kota Magelang yang diawali dengan materi manajemen penulisan surat kabar pada tanggal 9 dan 15  Mei bersama narasumber Pranoto, wartawan Jawa Pos/Radar Kedu. Pelatihan menulis ini akan berlanjut hingga bulan depan dengan tema kepenulisan dalam bentuk karya buku bacaan. "Kami akan menggandeng penerbit Bentang untuk menjadi narasumber materi kepenulisan buku sebagai lanjutan dari kursus menulis jurnalistik," jelas Fivi.

Pelatihan jurnalistik yang berlangsung selama dua jam ini cukup menarik minat dan perhatian dari para peserta yang hadir. Salah satunya dari kalangan pelajar, Putri Anggita Sari (14) siswi SMP N 4 Kota Magelang menyatakan senang bisa mengikuti pelatihan ini. "Saya senang karena bisa mengerti hal yang sebelumnya belum dimengerti dan tambah wawasan yang belum diketahui. Ilmu ini sangat bermanfaat untuk mendukung tercapainya cita-cita saya sebagai seorang jurnalis,' ungkap Putri usai pelatihan pada hari Sabtu (23/5).  (SPL)

Gedung Perpustakaan Umum Daerah Kota Magelang yang beralamat di  jalan Kartini 4 Lantai 1 Gedung Kyai Sepanjang. (20/5)