Selasa, 09 Juni 2015

PEMBELAJARAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA BALITA PAUD IT ASY SYAFFA' 3


Beragam kegiatan yang dilakukan anak didik PAUD IT Asy Syaffa' 3 (9/6)

MAGELANG- PAUD IT Ay Syaffa' 3 Kota Magelang program Tempat Penitipan Anak (TPA) mulai mengadakan pembelajaran Toilet Training (TT) pada anak usia balita bertempat di Jalan Jeruk V RSI Sanden, Kramat Selatan, Kota Magelang pada Selasa (9/6).

Pembelajaran Toilet Training bermanfaat untuk menanamkan kebiasaan anak dalam aktivitas buang air kecil dan buang air besar pada tempatnya (toilet). Toilet training baik dilakukan pada usia 1-3 tahun atau usia balita. Hal ini disebabkan karena kemampuan anak untuk mengontrol rasa ingin defekasi (membuang kotoran dalam tubuh dari sistem pencernaan) sudah berfungsi dengan baik. Namun, setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda, tergantung pada kondisi fisik dan psikologisnya.

Bunda Iin, kepala sekolah PAUD IT Asy Syaffa' 3 menggunakan teknik lisan dalam mengajarkan anak-anak  buang air di dalam kamar mandi. "Pertama-tama kita amati siklus masing-masing anak, kemudian kita tanyakan kepada anak apakah sudah ingin pipis atau belum, setelah mendapat respon iya, selanjutnya kita ajak anak untuk buang hajat di dalam kamar mandi". Kloset yang tersedia dalam kamar mandi di PAUD IT Asy Syaffa' 3 masih berukuran orang dewasa, sehingga perlu penyesuaian demi keamanan anak. "Karena masih takut pakai kloset orang dewasa yang terlihat sangat besar di mata mereka, jadi ya masih ada anak yang pipis di lantai kamar mandi. Namun, target awalnya adalah mengenalkan anak agar tidak lagi pipis di popok anti bocornya. Oleh karena itu, kami juga butuh bantuan orangtua dalam membiasakan anaknya untuk melakukan toilet training di rumah", jelas bunda Iin saat ditemui disela-sela aktivitasnya mengawasi 10 anak didik bersama para pengasuhnya, Selasa siang (9/6) saat jam istirahat. (SPL)