Rabu, 24 Juni 2015

TK IT ASY SYAFFA' GELAR PELATIHAN PENULISAN BEST PRACTICE UNTUK TINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU

Suasana selama pelatihan penulisan pengalaman terbaik (best practise) guru TK IT Asy Syaffa' 1 di lingkungan sekolah pada Rabu (24/6). Foto: Wiwik dan Puji
MAGELANG- TK IT Asy Syaffa' 1 menggelar pelatihan penulisan best practice (pengalaman terbaik) bagi para guru yang bertempat di lingkungan TK IT Asy Syaffa' 1 kampung Tulung no. 48/91, pada Rabu (24/6). Kegiatan penulisan best practice guru diselenggarakan untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam bidang kepenulisan karya ilmiah.

Niken Kencono Ungu (31) mengajak para bunda (sebutan untuk guru TK IT Asy Syaffa' 1.red) untuk menuliskan pengalaman-pengalaman yang telah diperoleh selama melaksanakan tugasnya sebagai guru di TK IT Asy Syaffa' 1. "Yang dimaksud dengan tulisan best practice guru adalah tulisan yang dibuat guru yang berisi laporan uraian pengalaman nyata guru dalam memecahkan berbagai masalah pengelolaan yang ada di kelas (bagi guru) atau di satuan pendidikan (bagi kepala sekolah)", terang peraih The Best Practice Teacher 2014 dari Kemendikbud kepada peserta pagi tadi.

Selama kegiatan berlangsung, peserta diberikan penjelasan mengenai pedoman penulisan best practice guru yang berisi langkah-langkah dalam menyusun laporan best practice dan juga praktik langsung dalam menulisnya. Supriyati (37) mengaku agak kesulitan dalam menuangkan ide dan gagasannya dalam bentuk tulisan. "Ternyata menulis karya setingkat publikasi ilmiah itu sulit, butuh pemikiran yang lebih dalam dan harus diawali dengan pembiasaan menulis maupun membaca dalam keseharian", ungkap bunda yang mempunyai harapan bisa menjawab tantangan profesionalitasnya sebagai guru bersama semua rekan sejawatnya di TK IT Asy Syaffa' 1.

Bunda Wiwik (47) menjelaskan bahwa target setelah diadakan pelatihan ini adalah terbentuknya pola pikir yang lebih sistematis dalam memecahkan permasalahan yang terjadi lingkungan kerjanya, serta mampu menuliskannya sebagai bentuk pertanggungjawaban profesinya. "Jadi targetnya teman-teman bisa berfikir lebih sistematis, mampu menuangkan ide gagasannya, dan mampu membuat tulisan ilmiah sebagai solusi pemecahan masalah agarsehingga kita mampu mengembangkan materi dan bahan ajar sebagai bentuk tanggungjawab profesi terhadap stakeholdernya", jelas pimpinan tertinggi TK IT Asy Syaffa' 1 siang tadi. (SPL)