Jumat, 03 Juli 2015

PELATIHAN PUBLIC SPEAKING KE-EMPAT, GURU-GURU TK IT ASY SYAFFA DAPAT JURUS-JURUS PAMUNGKAS

Bunda Nana saat membagikan jurus-jurus jitu dalam pelatihan public speaking ke-empat kalinya di depan para guru TK IT Asy Syaffa' 1 (3/7)

MAGELANG- Ini merupakan kali keempat tenaga pendidik TK IT Asy Syaffa' 1 mengikuti pelatihan public speaking. Pelatihan hari ini merupakan penutup episode pelatihan public speaking. Guru-guru mendapatkan beberapa jurus pamungkas dari sang motivator, Fuzna Marzuqoh (46) pada Jumat (3/7) di halaman depan kelas kelompok A TK IT Asy Syaffa' 1, Tulung.

Tiga jurus pamungkas yang menjadi bekal para pendidik agar menjadi public speaker handal yaitu dengan banyak ten thousand hours practice (berlatih selama 10.000 jam), deliberate practice (menyengaja praktik) dengan konsep 3N (niteni, nirokke, nambahi), dan carilah mentor yang dapat membantu kemajuan anda.

Bekal yang harus dimiliki sebagai seorang public speaker yaitu ilmu pengetahuan, kemampuan, dan sikap. Selain itu juga pelafalan, intonasi, tekanan, dan jeda saat berkomunikasi dengan lawan bicara kita. "Tidak ada ahli apapun yang dengan serta merta bisa, tetapi para ahli itu bisa karena banyak berlatih dengan optimal," ungkap Fuzna saat membagikan ilmunya, motivator yang memiliki panggilan bunda Nana.

Bunda Wiwik, mengungkapkan bahwa sikap sudah berbicara sebelum kita mengeluarkan kata kata. "Hendaknya kita selalu menjaga sikap agar orang lain merasa nyaman dengan kita, sebelum memulai komunikasi dengan kata-kata," terang bunda Wiwik yang terkesan dengan materi terakhir yang menurutnya sangat penting. "Begitu juga saat berinteraksi dengan peserta didik maupun wali murid, sikap "welcome" sangat penting," tutupnya. 

Koordinator acara pelatihan, bunda Ida berharap empat episode pelatihan public speaking ini bisa langsung diamalkan pada tahun ajaran baru yang akan dimulai Senin (6/7) depan. "Semoga para bunda bisa segera mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama pelatihan ini, terlebih dalam menyambut peserta didik tahun ajaran 2015/2016 dalam masa orientasi siswa yang dimulai Senin pekan depan," ungkapnya bersemangat. (SPL)

Suasana praktik langsung pada pelatihan public speaking yang ketiga kalinya bersama motivator, Fuzna Marzuqoh (30/6)