Jumat, 10 Juli 2015

TK IT ASY SYAFFA' 1 PELOPOR SEKOLAH ADIWIYATA TINGKAT PAUD DI MAGELANG

Doni, tim sosialisasi dari Kantor Lingkungan hidup sedang mempresentasikan materi tentang definisi sekolah Adiwiyata pada Kamis (9/7) di lingkungan sekolah TK IT Asy Syaffa' 1 Magelang.

MAGELANG-  Kantor Lingkungan Hidup Kota Magelang mengapresiasi TK IT Asy Syaffa’ 1 sebagai sekolah PAUD pertama yang menggagas terbentuknya sekolah Adiwiyata di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). “Kepala TK IT Asy Syaffa’ 1 ini baru satu-satunya TK yang ingin membuat sekolah berwawasan lingkungan,” ungkap Nur Lamiah dalam sambutannya sebagai Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Teknologi Lingkungan, Kantor Lingkungan Hidup Kota Magelang dalam kegiatan sosialisasi “Partisipasi Sekolah di Kota Magelang Menuju Terwujudnya Sekolah Berwawasan Adiwiyata” pada Kamis (9/7) bertempat di halaman depan ruang kelas A TK IT Asy Syaffa’ 1, Kampung Tulung 48/90 Magelang. 

Sosialisasi tentang lingkungan hidup yang mengambil tema Asy Syaffa’ Cinta Lingkungan selain dihadiri tenaga pendidik TK IT Asy Syaffa’ 1, juga dihadiri oleh Komite Persatuan Orang tua Murid dan Guru (POMG) TK IT Asy Syaffa’ 1, dan tenaga-tenaga pendidik sekolah PAUD di sekitar lingkungan TK IT Asy Syaffa’ 1 yang tergabung dalam PAUD gugus Gardenia.

Bunda Wiwik sedang berdiskusi dengan tim dari Kantor Lingkungan Hidup saat sesi tanya jawab. (9/7)
Dunia dengan kondisi alam yang semakin mengkhawatirkan kelangsungan makhluk hidup yang ada didalamnya. Oleh sebab itu, diperlukan kesadaran sejak dini dalam menjaga lingkungan sekitar melalui lembaga pendidikan anak usia dini. “Melalui dunia pendidikan anak usia dini, perilaku peduli dan cinta lingkungan bisa diterapkan lebih efektif. Pada usia emas inilah sikap dan perilaku menempati porsi terbesar dalam pembelajaran dan dengan adanya keterikatan yang lebih tinggi antara orang tua dan anaknya pada pendidikan jenjang PAUD dibanding jenjang sekolah lanjut, diharapkan program peduli lingkungan ini bisa masuk dalam ranah keluarga,” ungkap Dwi Rahayu Wilujeng, Kepala Sekolah TK IT Asy Syaffa’ 1 yang akrab dipanggil bunda Wiwik.

Dengan demikian, mulai tahun ajaran 2015-1016, KB-TK IT Asy Syaffa’ 1 secara lebih tegas dan jelas akan memasukkan materi lingkungan hidup pada proses pembelajaran sesuai dengan visi "Terwujudnya generasi berkarakter Al Qur'an dan berwawasan lingkungan" dengan tujuan:
  • Menciptakan kondisi lingkungan PAUD yang baik untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah dapat bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
  • Mengajak warga sekolah agar dapat melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bertemakan lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.
Semoga program yang dilakukan TK IT Asy Syaffa' 1 ini dapat menginspirasi lembaga PAUD lain yang tersebar di seluruh Indonesia. Aamiin. (SPL)