Selasa, 04 Agustus 2015

SESI TAHSIN DAN TAHFIDZ KELOMPOK 1 SISWI KELAS 8 B SMP IT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG


Ayu (13) sedang menyetorkan Tahfidz Q.S. Al Fajr pada Ustadzah Wening di masjid Asy Syiffa' (4/8)
Dewi (14) sedang menyetorkan Tahsin Jilid 3 UMMI pada Ustadzah Wening di masjid Asy Syiffa' (4/8)
Interaksi mengajarkan ilmu antara siswa yang sudah selesai jilid UMMI dengan yang belum di masjid Asy Syiffa' (4/8)
Simakan bacaan tahsin oleh siswi yang telah selesai jilid 3 UMMI di masjid Asy Syiffa' (4/8)
Ustadzah Wening memberikan pengarahan sebelum mengakhiri kegiatan kelas tahsin dan tahfidz kelompok 1 akhwat kelas 8 B di masjid Asy Syiffa' (4/8)
Ustadzah Wening memimpin doa khatmul Qur'an sebagai penutup kegiatan kelas tahsin dan tahfidz kelompok 1 akhwat kelas 8 B di masjid Asy Syiffa' (4/8)
MAGELANG- Kelompok pertama siswi kelas 8 B SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang mengikuti kelas tahsin dan tahfidz di masjid Asy Syiffa' bersama Ustadzah Wening pada Selasa pagi (4/8) selama dua jam pelajaran (06.45-08.20).

Selepas menjalankan sholat sunnah Dhuha di kelas, kelompok pertama siswi kelas 8 B menuju masjid Asy Syiffa' untuk mengikuti kelas tahsin dan tahfidz bersama Ustadzah Wening. Jessica (13) mengaku tidak merasa kesulitan dalam mengikuti kelas tahsin dan tahfidz bersama kesembilan temannya. Saat ditanya "Adakah kesulitan saat mengikuti kelas tahsin dan tahfidz?" Jessica menjawab "Nggak sih.., saya menggunakan teknik menghafalkan dengan membaca berulang-ulang," ujarnya setelah menyetorkan hafalan Q.S. An Naziat dengan sedikit perbaikan di ayat 17-18. Jessica juga menerangkan bahwa target tahfidz kelas 8 di semester satu yaitu Q.S. Al Mursalat hingga Q.S. Al Insan.

Kelas tahsin diperuntukkan bagi siswa yang belum lolos jilid 3 UMMI, agar tidak jauh tertinggal dari teman-temannyayang sudah masuk proses tahfidz. "Masih ada siswi yang belum lulus jilid 3 UMMI, jadi ngedrill (mengejar.red) UMMI sampai selesai supaya tidak tertinggal jauh dan dapat segera menyusul teman-temannya yang sudah masuk Qur'an," terang Ustadzah Wening di akhir kelas.

Penerapan pembelajaran dengan mengedepankan target penambahan hafalan dan kerjasama antar teman. "Saya selalu mengingatkan anak-anak akan tugas menambah hafalan dan saling membantu. Bagi teman-temannya yang sudah selesai diuji saya minta mereka untuk membantu teman-temannya yang belum, minimal untuk nyimak dan membenarkan tahsin. Penerapan ini bertujuan agar ilmu mereka bisa langsung dipakai," jelas Ustadzah Wening yang masih bersemangat mengajar walau usia kandungannya sudah mendekati Hari Prediksi Lahir (HPL). (SPL)