Rabu, 02 September 2015

PROFIL KEPALA SEKOLAH SD IT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG, ABDUL ROZAK SIDIK BESERTA ANGGOTA KELUARGANYA

Foto Keluarga Ustadz Rozak bersama dua keponakan di pematang sawah belakang rumahnya (22/8). (dari kiri ke kanan Abdul Rozak Sidik (35) - Syamil Aufa Syahid (3) - keponakan - Fatia Amanina Syahidah (7) - Mutia Salsabila Syahidah (10) - keponakan - Nadya Raihana Syahidah (5) - Yeni Rahmatin (33))
SOSOK PRIBADI
Abdul Rozak Sidik, S.Pd.I., M.Pd. atau yang akrab dipanggil Ustadz Rozak adalah sosok kepala sekolah SD IT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Ayah lima anak ini dilahirkan di Magelang pada 24 April 1980, anak ke-4 dari 4 bersaudara. Ustadz Rozak memiliki hobi berternak ayam, kambing, dan lele. Masa pendidikan 9 tahun telah dikenyam di bangku SD Taruman dan SMP Pondok Pesantren Al Mu'min Tembarak. Pendidikan SMA juga ditempuh di Pondok Pesantren Al Mu'min Tembarak, sedangkan masa kuliahnya di bangku sarjana (S1) ditempuh di Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) fakultas Tarbiyah, jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Semangat beliau menuntut ilmu dilanjutkan dengan menempuh pendidikan magister (S2) di Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) dan meraih gelar Master Pendidikan (M.Pd.) pada tahun 2013.
Tak hanya sekedar bersekolah, Ustadz Rozak juga gemar berorganisasi, organisasi yang diikutinya yaitu Organisasi Santri Intra Sekolah (OSIS) sebagai ketua, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) sebagai ketua komsat Magelang dan istiqomah mengikuti alur kaderisasi hingga Anggota Biasa 3 (AB 3), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) sebagai ketua di fakultas PAI UMM dan korkom IMM. Di lingkungan masyarakat tempat tinggalnya di Taruman Rt 07 Rw 04 Umbulsari, Windusari, Ustadz Rozak juga aktif sebagai sekretaris takmir masjid, sekretaris Rukun Warga (RW), dan penggiat Persatuan Remaja Islam Taruman (PRISTA). Sedangkan dalam lingkup pekerjaannya, beliau aktif sebagai PGRI Magelang Utara, sekretaris Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), sekretaris koordinator daerah Kedu Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT).
Awal karir Ustadz Rozak di SD IT Ihsanul Fikri Kota Magelang yaitu menjadi guru Agama sejak tahun 2002, pernah juga mendapat amanah sebagai wali kelas. "Menjadi Kepala Sekolah sebenarnya merupakan tugas tambahan saja, sedang tugas utamyanya adalah sebagai seorang tenaga pendidik, yaitu sebanyak enam jam tiap pekan," ungkap Ustadz Rozak yang diamanahi menjadi Kepala Sekolah SD IT Ihsanul Fikri periode 2008-2015.

BERSAMA KELUARGANYA
Pertemuan beliau dengan sang istri tercinta berawal dari perjodohan via murobbi (guru ngaji.red). "Alhamdulillah usaha saya menjemput jodoh hanya berlangsung dalam satu kali rangkaian proses ta'aruf saja (langsung mantap dari proses berkenalan hingga akad nikah dengan calon yang ditawarkan oleh guru ngajinya.red), saya bersyukur dimudahkan Allah dalam ikhtiar menyempurnakan separuh agama ini," jawab Ustadz Rozak saat tim pewawancara menanyakan jumlah proses ta'aruf yang pernah dijalani.
Istri Ustadz Rozak bernama lengkap Yeni Rahmatin memiliki nama familiar Bu Rahma, dilahirkan pada 19 Juli 1982 di Madiun, juga merupakan anak ke-4 dari 4 bersaudara, sama seperti suaminya. "Saya dengan pak Rozak itu sama-sama anak ragil (anak paling terakhir.red). Jadi, terkadang kami sama-sama nggak mau mengalah," ungkap beliau malu-malu. Bu Rahma memiliki hobi membaca buku-buku keislaman. Riwayat Pendidikan beliau yaitu SD Krebet 1, SMP 1 Pilang Kenceng, SPK Depkes Magetan, Poltekkes Semarang prodi Magelang dengan tahun lulus 2004. Kini beliau bekerja sebagai perawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Tidar Magelang. Keaktifannya diorganisasi dibuktikan dengan status keanggotaan di Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Himpunan Mahasiswa Muslim Kesehatan (Himmakes), dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).
Bersama kelima putra-putrinya (yang salah satunya almarhum), Bu Rahma selalu memberikan support kepada ustadz Rozak. "Pak Rozak itu tipenya memang suka memimpin. Diawal amanahnya sebagai kepala sekolah terasa berat, tetapi kemudian saya mendukung penuh 100 %, dan Alhamdulillah lancar sampai sekarang," terang perawat yang sedang mendapati bagian jaga di bangsal anak ini. Berikut nama-nama dari buah hati Ustadz Rozak dan Bu Rahma:
  1. Mutia Salsabila Syahidah (10) SD IT kelas IV yang bercita-cita menjadi dokter,
  2. Almarhum pada usia 3,5 bulan,
  3. Fatia Amanina Syahidah (7) SD IT kelas II yang bercita-cita menjadi dokter,
  4. Nadya Raihana Syahidah (5) YK IT Istiqomah Greges Tembarak,
  5. Syamil Aufa Syahid (3) yang suka dengan mobil-mobilan. (SPL)
Foto: SPL