Senin, 05 Oktober 2015

[BERITA FOTO]: LATIHAN MANASIK HAJI ANAK PAUD IT ASY SYAFFA' 2 KOTA MAGELANG

YayasanIhsanulFikri.org | MAGELANG - Latihan manasik haji siswa-siswi PAUD IT Asy Syaffa' 2 Kota Magelang pada Rabu (30/9) di Ganten merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu diselenggarakan sekolah di bulan Dzulhijah. Kegiatan manasik haji yang diikuti 220 yang terdiri dari kelompok A (kelas play group), kelompok B dan C (kelas Taman Kanak-kanak) bertujuan menyiarkan Islam dan mengenalkan keteladanan Ibrahim dengan pembelajaran secara konkrit langsung praktik, serta melatih siswa/siswi bersosialisasi dan berlatih sabar.

Latihan manasik haji kali ini lebih meriah dari tahun sebelumnya karena dihadiri semua tamu undangan, yaitu Sahid selaku Ketua Bidang Pendidikan Non Formal (PNF), Ketua-ketua RT 1-5, Subekti Ketua RW 2, Lukman perwakilan Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG), perwakilan Yayasan Ihsanul Fikri Kota Magelang, dan sesepuh Desa Ganten, Kelurahan Jurangombo Selatan, Kecamatan Magelang Selatan, dan beberapa warga sekitar.
"Pada pelatihan manasik tahun ini Alhamdulillah masyarakat bisa datang semua, sehingga menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kami, semoga kedepan jalinan kerjasama menjadi semakin bagus antara warga masyarakat dengan sekolah," kesan Heni.
Bu Heni penanggungjawab agenda manasik menyampaikan bahwa sebelum praktik langsung, manasik diawali Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) bertema qurban dan Idul Adha dengan sub tema Haji.
"Sebelum Praktik langsung, anak-anak diberi prolog melalui cerita kisah nabi Ibrahim dan Ismail, serta diajarkan kalimat-kalimat talbiyah. jadi guru juga berlatih sebelum memberi latihan murid-muridnya," terangnya menambahkan.
Dalam kesempatan lain, Dwi Rahayu Wilujeng selaku pelaksana tugas (Plt) dari kepala sekolah PAUD IT Asy Syaffa' 2, Siti Banatun Nafi'ah mengingatkan akan pentingnya penyisipan sebuah makna dalam setiap agenda kegiatan sekolah agar dapat membekas dalam memori anak didik.
"Kami sadar kami sedang mengukir di atas batu, semua kegiatan yang ada di sekolah harus bermakna karena akan membekas dalam memori anak-anak," ungkap Wiwik sapaan akrab Dwi Rahayu Wilujeng. (SPL)

Bunda Wiwik bersama tamu-tamu undangan dari unsur masyarakat Ganten (ketua RT 01-05 dan ketua RW 01), perwakilan PNF (Pendidikan Non Formal) dinas pendidikan dan kebudayaan, dan perwakilan POMG (Persatuan Orang Tua Murid dan Guru) pada Rabu (30/9). Foto: SPL
Bunda Wiwik
Sahid, selaku Ketua Bidang Pendidikan Non Formal (PNF)
Lukman, perwakilan Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG)
Doa bersama sebelum dimulainya kegiatan manasik
Bustanul Arifin, salah satu orang tua wali murid sedang memimpin doa bersama
Umbul-umbul kegiatan Manasik Haji PAUD IT Asy Syaffa' 2 Kota Magelang
Pembukaan kegiatan manasik haji dari perwakilan PNF sebagai secara simbolis dilakukan dengan pelepasan umbul-umbul.
Saat Thawaf
Saat meminum air zam-zam
Saat Sai
Perjalanan menuju Arafah
Seorang siswa sedang memasuki terowongan Mina

Seorang siswi tengah berhati-hati saat menyusuri terowongan Mina
Melempar jumroh Wustho
Tahalul
Menyaksikan penyembelihan hewan Qurban