Senin, 07 Desember 2015

Tingkatkan Kompetensi Guru, JSIT Korda Kedu gelar MGMP SMPIT


Suasana Workshop Peningkatan Kompetensi Guru melalui MGMP pada Ahad (6/12) di SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang. | Foto: SPL
YayasanIhsanulFikri.org | MAGELANG - Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Koordinator Daerah Kedu menyelanggarakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMP JSIT Korda Kedu pada Ahad (6/12) di SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Penyelenggaraan MGMP yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru SMP JSIT Korda se-Kedu ini diikuti kurang lebih 35 orang.

Aris Akhmad, Ketua JSIT Korda Kedu menyampaikan bahwa target yang diharapkan dari penyelenggaraan MGMP yaitu meningkatnya karya dan profesionalisme guru melalui empat kompetensi.
"Target dari pelatihan adalah tercapainya profesionalitas guru yang mencakup empat kompetensi. Empat kompetensi guru tersebut diantaranya kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional," ungkap Aris yang juga menjabat sebagai Ketua MGMP SMP JSIT Korda Kedu.
Training motivasi ke-SIT-an menjadi pengantar sebelum masuk materi inti. Bersama Wiyarso, peserta diajak untuk menyamakan niat, visi, dan misi dalam mengawal Sekolah Islam Terpadu (SIT) agar ada energi yang sama.
"Guru kita butuh dicharge motivasinya untuk mengawal SIT kedepan. Mengingatkan kembali akan pentingnya mengemas kurikulum SIT dengan materi keislaman agar anak-anak didik seimbang dalam imtaq dan iptek," ungkap pria asal Tegal setelah mengisi acara.
Niko Brahmanto, salah satu peserta yang mengikuti jalannya acara dari awal hingga akhir merasa terkesan dengan terselenggaranya MGMP yang masih akan berlanjut pekan depan.
"Dahsyaaaaat, semakin cerdas mengelola kelas. Semoga JSIT makin berjaya dengan Guru-guru yang luar biasa," ungkapnya usai pelatihan di ruang guru SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang. (SPL)
Drs. Aris Akhmad, ketua MGMP SMP Korda Kedu saat memberikan pengarahan (6/12) | Foto: SPL
Heri Sucitro, M. Pd., dalam penyampaian model pembelajaran pada peserta (6/12) | Foto: SPL
Fatin Magdalina, S.Pd., kepala SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang sebagai moderator diskusi (6/12) | Foto: SPL
Praktik Jigsaw dalam kelompok-kelompok (6/12) | Foto: SPL
Niko Brahmanto, S.Pd.Si. guru mata pelajaran Biologi sedang mempraktikkan pembelajaran kreatif dengan materi bioteknologi (6/12) | Foto: SPL
Wahyu Haryadi, S. Pd. guru mata pelajaran Bahasa Jawa sedang mempresentasikan Javanese Pop Up Book sebagai alat peraga edukatifnya dalam pembelajaran Bahasa Jawa (6/12) | Foto: SPL
Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd, M.Pd. guru mata pelajaran Matematika yang mempresentasikan Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul "Pembelajaran Matematika Model Cognitive Growth Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMP" (6/12) | Foto: SPL