Senin, 11 Januari 2016

Guru - guru TK IT Asy Syaffa 1 Ikuti Sosialisasi Pengelolaan Sampah Bersama Bank Sampah Lembah Tidar Lestari



Suasana Sosialisasi Pengelolaan Sampah bersama Bank Sampah Lembah Tidar Lestari (9/1)
YayasanIhsanulFikri.org | MAGELANG -  Guru-guru TK IT Asy Syaffa' 1 Kota Magelang mengikuti sosialisasi pengelolaan sampah bersama bank sampah Lembah Tidar Lestari (LTL) pada Sabtu (9/1) bertempat di lingkungan TK IT Asy Syaffa', kampung Tulung.
"Sosialisasi bank sampah  diadakan karena guru-guru Asy Syaffa merasa prihatin melihat lingkungan dengan sampah yang menumpuk," tulis Kepala TK IT Asy Syaffa' 1 dalam pesan chatting whatsappnya.
Sebagai sekolah pelopor Adiwiyata di tingkat TK, TK IT Asy Syaffa' 1 Kota Magelang telah menerapkan pembiasaan cinta lingkungan di kalangan siswa-siswinya. Salah satunya yang berkaitan dengan pengelolaan sampah yaitu dengan membawa sampah di setiap hari Senin untuk ditabung.

Berdasar penuturan bunda Wiwik, tujuan diselenggarakannya agenda ini dalam rangka menanamkan pembiasaan kepada anak untuk selalu menjaga lingkungan dan mengajarkan pada anak bahwa sampah juga bisa diubah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.
"Dalam rangka menanamkan pembiasaan kepada anak untuk selalu menjaga agar lingkungan sehat, rapi, dan bersih. Juga memberi pengetahuan kepada anak bahwa sampah bisa diubah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, misal  kerajinan dari sampah anorganik dan pupuk dari sampah organik,"terangnya
Bank Sampah Kota Magelang Lembah Tidar Lestari pada awal sejarahnya merupakan program pemerintah "Kampung Organik". Para penggerak dan pelaksananya memiliki julukan khusus, yaitu Sahabat Sampah. Lembaga yang berada dibawah naungan Kantor Lingkungan Hidup Kota Magelang ini sekarang berbentuk Koperasi yang mempunyai visi sebagai lembaga bagi pengguna jasa yang berpartisipasi dalam program bank sampah untuk menjadi nasabah koperasi. Oleh karena itu, Sahabat Sampah Lembah Tidar Lestari ingin mengajak TK IT Asy Syaffa' untuk menjadi bagian dari sahabat sampah Kota Magelang untuk bergabung bersama.
"Limbah rumah tangga merupakan limbah terbesar dalam penyumbang sampah di Kota Magelang, kemudian disusul dengan limbah lembaga, salah satunya sekolah. Kami mengajak TK IT Asy Syaffa 1 untuk berpartisipasi dengan turut bergabung ke koperasi kami," ungkap Joko Wahyono, salah satu penyuluh dari Bank Sampah Lembah Tidar Lestari.
Ibu Heni, sahabat sampah LTL juga menyampaikan bahwa SD IT Ihsanul Fikri juga sudah bergabung dalam keanggotaan Koperasi ini. 
"SD IT Ihsanul Fikri sudah bergabung ke koperasi kami sebagai bentuk partisipasi," ungkap Heni.
Selain itu, Ibu Reni yang juga anggota sahabat sampah LTL menyampaikan motivasi agar para guru tetap mengembangkan inovasi.
"Jangan khawatir, tetap kembangkan inovasi diawali dari diri sendiri dan sekarang mulai memilah sampah," ungkap Reni diakhir sesi tanya jawab.
Di akhir wawancara, bunda Wiwik menyampaikan harapan sekolah dari terselenggaranya program ini.
"Harapan kami dengan menanamkan pembiasaan ini kepada anak-anak, maka mereka dan keluarganya nantinya akan lebih  peduli terhadap lingkungan," tulisnya. (SPL)

Peserta menyimak dengan khusyuk, penjelasan dari narasumber (9/1)
Sahabat Sampah dari Lembah Tidar Lestari. Dari kiri ke kanan: Heni-Joko-Fatma (9/1)
Jelang sesi tanya jawab dan diskusi (9/1)