Jumat, 29 Januari 2016

Perpustakaan SDIT Ihsanul Fikri Maju Lomba Tingkat Kota Magelang

Suasana dalam perpustakaan SDIT Ihsanul Fikri saat jam istirahat (27/1) | Foto: EM
YayasanIhsanulFikri.org | MAGELANG - Perpustakaan SDIT Ihsanul Fikri mengikuti Lomba Perpustakaan Daerah tingkat Kota Magelang pada Rabu (27/1), juri penilai mendatangi perpustakaan SDIT Ihsanul Fikri, Sanden Kramat Selatan Magelang. Lomba yang diselenggarakan Perpustakaan Daerah ini diikuti sebanyak 9 sekolah yang mewakili tiga kecamatan di Kota Magelang. SDIT Ihsanul Fikri terpilih menjadi salah satu dari 3 sekolah yang mewakili kecamatan Magelang Utara setelah menjalani proses seleksi berkas.

Kepala Perpustakaan SDIT Ihsanul Fikri, Ninik Ariyati mengungkapkan bahwa diadakannya lomba perpustakan ini salah satunya bertujuan untuk membina sekolah oleh Dinas Pendidikan Kota Magelang melalui Perpusda. 
"Dengan mengikuti lomba perpustakaan ini, kami dapat memenuhi kebutuhan untuk standarisasi. Kalau tidak ada acara seperti ini, kita jadi tidak tahu dan tidak berjalan di rel yang benar," ungkap Ninik.
   
Kepala Perpustakaan Ihsanul Fikri, Ninik Ariyati 


Di era sosial media, menghidupkan perpustakaan menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah. Anak-anak lebih cenderung memilih perangkat elektronik berjaringan internet.

"Era medsos menjadi tantangan baru bagi kita, untuk menarik perhatian anak-anak untuk membaca buku di perpustakaan yaitu dengan menambah buku dan variasinya. Selain juga aktif mengadakan lomba terkait perpustakaan, kami memberi reward bagi kelas yang siswanya rajin mengunjungi perpustakaan," tambah Ninik saat ditemui di ruang perpustakaan SDIT Ihsanul Fikri.

Dalam mengikuti lomba ini, SDIT Ihsanul Fikri harus memenuhi 13 item standar perpustakaan, yaitu organisasi, kondisi gedung, sarana dan prasarana, tenaga pengelola, koleksi, elektronik, pengelolaan bahan, layanan, promosi, kerjasama, data pendukung, anggaran, dan terakhir kebersihan.

Total koleksi perpustakaan SDIT Ihsanul Fikri yang berjumlah 4952 dengan jumlah eksemplar 16.000 ini tahun lalu telah membawa SDIT Ihsanul Fikri mendapatkan juara 1 Lomba Perpustakaan tingkat Kedu dan juara harapan 1 untuk tingkat Jateng. (Srikandi PL/EM)