Minggu, 07 Februari 2016

Bijak Berinternet di lingkungan SD IT Ihsanul Fikri Kota Magelang

YayasanIhsanulFikri.org | MAGELANG - Maulina Indrasari (36), koordinator Bimbingan Konseling (BK) SD IT IF membagikan sedikit pengalaman beliau dalam penerapan bijak dalam memanfaatkan internet di lingkungan sekolah.

Era internet sudah mulai merambah pada usia anak SD. Ustadzah Lina menjelaskan bahwa penggunaan internet juga diajarkan disekolah. Internet digunakan untuk menambah ilmu, sebagai media atau alat bantu dalam pembelajaran, dan juga pemanfaatan internet untuk kegiatan ekstrakurikuler seperti ekskul jurnalistik.  
"Keberadaan internet disekolah kita tanggapi dengan positif dengan mengarahkan anak pada hal-hal yang bermanfaat dan mendatangkan pahala," ungkap Ustadzah Lina.
Selain memberikan pengarahan pada anak-anak sesuai kebutuhan dan masalah di setiap jenjangnya, pihak sekolah juga mengadakan kegiatan pendampingan bagi orang tua/ wali murid yang berupa seminar parenting di setiap jenjangnya.
"Sekolah secara berkala selalu mengadakan parenting dengan mendatangkan Ustadzah Nunung Bintari, seorang praktisi dan konselor yang siap mentransfer ilmunya pada para wali kelas SD IT IF," jelas Sarjana Pendidikan jebolan Universitas Muhammadiyah Magelang ini.
Dalam kesempatan yang sama, Ustadzah Lina juga membagikan langkah-langkah yang dilakukan sekolah agar anak tak kecanduan game. Beberapa langkah yang sudah diterapkan diantaranya dengan memberikan pengertian kepada anak melalui mentoring dan bina suasana, menjalin komunikasi dengan orang tua terkait kondisi anaknya, serta menyarankan orang tua turut mengawasi ketika anak-anak menggunakan internet di luar sekolah. (SPL)