Senin, 29 Februari 2016

TK IT Asy Syaffa' 1 mengadakan Sosialisasi Pentingnya Akreditasi Lembaga Pendidikan Non Formal

Dra Lilis Madyawati, M.Si, asesor madya Badan Akreditasi Nasional (BAN) Pendidikan Non Formal (PNF) saat melakukan sosialisasi pentingnya akreditasi bagi PAUD
YayasanIhsanulFikri.org | MAGELANG- TK IT Asy Syaffa' 1 Kota Magelang menyelenggarakan Sosialisasi Akreditasi PNF pada Sabtu (13/2) di lingkungan sekolah TK IT Asy Syaffa' 1, Kp. Tulung. Pentingnya sebuah proses Akreditasi bagi sebuah lembaga, khususnya lembaga Pendidikan Non Formal (PNF) karena bertujuan untuk memberikan penilaian secara obyektif, transparan, dan berkelanjutan terhadap kelayakan suatu program dan satuan PNF berdasarkan atas kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
"Untuk sosialisasi akreditasi, harapannya semua PAUD IT di Kedu siap untuk mengikuti akreditasi dari BAN PAUD, sekaligus siap mengikuti Akreditadi dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia (JSIT), karena salah satu syarat untuk bisa mengikuti akreditasi dari JSIT, harus mendapatkan nilai minimal B dari hasil akreditasi BAN PAUD," ungkap Dwi Rahayu Wilujeng yang baru saja menyelesaikan berkas penilaian akreditasi untuk TK IT Asy Syaffa' 1 Kota Magelang bersama timnya.
Dalam sosialisasinya, Lilis menyampaikan bahwa mekanisme yang perlu ditempuh untuk mengajukan Akreditasi tidaklah sulit dan tentunya bebas biaya. Selain itu, masa berlakunya juga cukup lama, yaitu selama 5 tahun.
"Teman-teman tidak perlu kuatir, prosesnya cukup mudah dan gratis! Setelah itu hasil akreditasi dapat digunakan selama 5 tahun," ungkapnya dengan nada tegas untuk mengajak para perwakilan lembaga PAUD se-Korda Kedu.
Mekanisme dan Tahapan Akreditasi BAN - PNF. Sumber: http://web.banpnf.or.id
Berbagai manfaat dari mengajukan Akreditasi yaitu untuk menyempurnakan visi dan misi lembaga, meningkatkan mutu program, dan memperoleh informasi yang handal dan akurat dalam rangka pencarian dukungan berupa pembinaan dari pemerintah serta apresiasi dari masyarakat.  (SPL)