Sabtu, 16 April 2016

SEMINAR PENINGKATAN KOMPETENSI Upaya Peningkatan SDM Strategis dan Sinergis

Registrasi Peserta Seminar Peningkatan Kompetensi Pengelola SIT 
Ihsanul-Fikri | Keberadaan sumber daya manusia (SDM) dalam suatu organisasi merupakan aset yang berharga bagi organisasi, tanpa terkecuali bagi pengelola Sekolah Islam Terpadu (SIT). Untuk meningkatkan kinerja Jaringan SIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah mengadakan seminar Peningkatan Kompetensi Pengelola SIT, Sabtu-Ahad, (16-17/04/ 2016), di BPSDM Taman Agro Nasional Soropadan, Temanggung, Jateng. 

Sekitar 130 peserta seminar yang mengikuti acara ini adalah Pengurus Harian masing-masing Yayasan Pengelola SIT se-Jateng seperti Ketua, Sekretaris dan Bendahara.

Menurut Ketua JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Sigit Cayantoro, S.Si dalam arahannya kepada peserta seminar, Pengembangan SDM berbasis kompetensi dilakukan agar dapat memberikan hasil sesuai dengan tujuan dan sasaran organisasi dengan standar kinerja yang telah ditetapkan. Kompetensi yang dimiliki pengurus yayasan harus dapat mendukung pelaksanaan visi misi yayasan tersebut melalui kinerja strategis dan sinergis antara satu dengan lainnya. 

“Sumber daya manusia merupakan aset dalam segala aspek pengelolaan terutama yang menyangkut eksistensi yayasan tersebut,” imbuh Sigit.    

Berdasarkan hal di atas, masih kata Sigit, maka SDM memegang nilai yang sangat penting dalam manajemen keorganisasian. Kompetensi adalah keterampilan yang diperlukan seseorang yang ditunjukkan oleh kemampuannya untuk dengan konsisten memberikan tingkat kinerja yang memadai atau tinggi dalam suatu fungsi pekerjaan spesifik. 

“Kompetensi mencakup melakukan sesuatu, tidak hanya pengetahuan yang pasif,” tutur Sigit. 

Jadi, kata Sigit, untuk menjawab kebutuhan SDM yang memiliki kompetensi, perlu dilakukan  pelatihan dan pengembangan. Pelatihan dan pengembangan dapat didefinisikan sebagai usaha yang terencana dari organisasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan SDM tersebut.

“Pengurus Badan Musyawarah Pengelola SIT (BMPSIT) Jateng mengundang pengurus harian masing-masing Yayasan Pengelola SIT se-Jawa Tengah untuk turut serta dalam kegiatan Seminar Peningkatan Kompetensi Pengelola SIT dalam rangka mengoptimalkan dan meningkatkan pengelolaan sebuah yayasan,” pungkas Sigit. 

Rencananya Seminar ini akan mengundang Pemateri atau Narasumber, Ketua DPW PKS Jateng, KH  Kamal Fauzi membawakan tema, “Manajemen Dakwah Kultural dalam Lingkup Wajihah”. 

Pemateri kedua Ketua JSIT Indonesia, Drs. Sukro Muhab, M.Si  dengan bahasan, “Renstra Sebagai Sarana Pengembangan Yayasan”. 

Selanjutnya Dr.  H. Wiranto, M. Kom, M.Cs. yang menjabat Ketua Yayasan Nur Hidayah Surakarta akan membawakan makalah bertema; “Menata dan Mengoptimalkan fungsi Yayasan”

Bapak Mohammad  Zahri, M.Pd. selaku Ketua STKIP Al Hikmah Surabaya akan berbagi ilmunya dengan menyajikan makalah bertema, “Tata Kelola Sumber Daya Manusia”

Sedangkan makalah terakhir yang tak kalah pentingnya akan disajikan Bapak Usman Sudarmaji, SE, M.Acc. beliau adalah Bendahara Yayasan Nur Hidayah Surakarta dengan tema ceramah, “Tata Kelola Keuangan Yayasan.”

Lainnya: