Kamis, 26 Mei 2016

STOP KEKERASAN PADA ANAK! Seminar Parenting Orang Tua dan Wali Murid TK IT Asy Syaffa' 1 Kota Magelang

Seminar Parenting bertema "Pengaruh Kekerasan terhadap Perkembangan Anak" bersama Dr. dr. Fidiansjah Mursjid, Sp.KJ, MPH di aula SMA N 4 Kota Magelang pada Ahad (15/5).
YayasanIhsanulFikri.org | Magelang - TK IT Asy Syaffa' 1 Kota Magelang mengkampanyekan propaganda "Stop Kekerasan Pada Anak!" melalui kegiatan Seminar Parenting yang mengambil tema "Pengaruh Kekerasan terhadap Perkembangan Anak" bersama narasumber Fidiansjah Mursjid bertempat di Aula SMA N 4 kota Magelang pada Ahad (15/5) pekan lalu.

Dalam sambutannya mewakili pihak Yayasan Ihsanul Fikri Kota Magelang, Khusnudin sangat mengapresiasi atas terselenggaranya seminar parenting ini karena dapat mewujudkan sinergitas pendidikan antara orang tua/ wali murid di rumah dengan para guru di sekolah demi mewujudkan generasi penerus yang unggul.
"Kerja sama atau sinergi antara orang tua dan guru dalam mendidik anak, salah satunya dengan menyamakan visi yang berkaitan dengan pengaruh negatif lingkungan sekitarnya. Harapannya terjadi saling mengisi dan melengkapi antara orang tua dan guru, sehingga terbentuj generasi yang unggul," ungkap sekretaris Yayasan Ihsanul Fikri Kota Magelang.
Dwi Rahayu Wilujeng, atau yang akrab dipanggil Bunda Wiwik, menyatakan bahwa seminar ini bertujuan untuk memberikan pengertian pada orang tua/ wali murid bahwa kekerasan terhadap anak tidak hanya berbentuk kekerasan fisik saja, tetapi juga kekerasan psikis. Kekerasan psikis dapat berupa kekerasan verbal dalam berkomunikasi, seperti membentak atau berkata-kata kasar. Oleh karena itu diperlukan pemahaman pada orang tua/ wali murid dan juga guru agar mampu memberikan teladan yang baik saat berkomunikasi verbal. 
"Kekerasan yang dapat menimpa anak tidak hanya secara fisik, tetapi juga secara psikis. Dalam materinya, dr. Fidi mengingatkan bahwa kekerasan psikis pada anak justru memiliki dampak yang lebih besar dibanding dampak yang ditimbulkan dari kekerasan fisik. Kekerasan psikis akan berakibat pada perkembangan mental anak yang bahkan cenderung tak nampak secara kasat mata dan tidak mudah untuk dipulihkan dengan segera," terang Kepala TK IT Asy Syaffa' 1 Kota Magelang saat ditemui ditengah kesibukannya.
Dr. dr. Fidiansyah merupakan psikiater sekaligus Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza di Kementerian Kesehatan lulusan dari Universitas Indonesia dan Master of Public Health Universitas Gadjah Mada, pernah menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta pada tahun 2009-2010 setelah itu Dr. Fidiansyah menjabat selama 2,5 tahun sebagai Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa Prof dr Soeroyo Magelang (RSSM) hingga tahun 2013 lalu. (SPL)

Khusnudin, Sekretaris Yayasan Ihsanul Fikri kota Magelang saat memberikan sambutannya mewakili Ketua Yayasan Ihsanul Fikri kota Magelang yang sedang berhalangan hadir

Foto bersama Kepala Sekolah TK IT Asy Syaffa' 1 Kota Magelang beserta jajaran guru dan pembicara


Sumber Foto: Dok. pribadi tenaga pendidik TK IT Asy Syaffa' 1 Kota Magelang