Kamis, 08 Desember 2016

Sambutan Walikota magelang pada Grounbreaking Ihsanul Fikri Islamic Boarding School

Windarti Agustina, Wakil Walikota Magelang tengah mewakili sambutan Walikota Magelang, Sigit Widyonindito dalam rangkaian acara Groundbreaking (peletakan batu pertama) Ihsanul Fikri Islamic Boarding School pada Ahad (4/12). | Fotografer: Khusnudin
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yang Saya Hormati:
1. Wakil Walikota Magelang;
2. Sekretaris Daerah Kota Magelang;
3. Kepala Dinas Pendidikan Kota Magelang/ yang mewakili;
4. Muspika Magelang Utara/ yang mewakili;
5. Pimpinan dan pengurus Yayasan Ihsanul Fikri;
6. Kepala Kemenag/ yang mewakili;
7. Tamu undangan dan hadirin yang berbahagia

Mari kita panjatkan puji syukur atas limpahan rahmat dan karunia Allah SWT, pada pagi hari ini dapat menghadiri peletakan batu pertama Ihsanul Fikri Islamic Boarding School. 

Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Magelangmenyambut gembira dimulainya pembangunan Ihsanul Fikri Islamic Boarding School yang akan memberikan nuansa baru pada dunia pendidikan di Kota Magelang.

Hadirin sekalian,
Modernisasi dan globalisasi berpengaruh besar dalam kehidupan masyarakat dunia tidak terkecuali Indonesia, baik itu dalam bidang ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan sebagainya. Globalisasi dengan segala dampaknya ini tidak dapat dielakkan, tapi bisa dihadapi dengan strategi tertentu, diantaranya dengan meningkatkan keunggulan kompetitif yang meliputi: penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan etos kerja, disiplin, dan daya saing yang tinggi. Keunggulan-keunggulan kompetitif tersebut bisa diraih dengan pendidikan sebab pendidikan adalah sarana utama dalam membangun peradaban dan menjadi penentu peradaban sebuah bangsa.

Seorang Tokoh menyatakan:
Jika ingin kemakmuran 1 tahun, tumbuhkanlah benih; 
Jika ingin kemakmuran 10 tahun, tumbuhkanlah pohon;
Jika ingin kemakmuran 100 tahun, tumbuhkanlah (didiklah) manusia.

Untuk mewujudkan kemajuan dunia pendidikan, memerlukan proses, komitmen berbagai potensi, termasuk elemen masyarakat untuk dapat mendukung sesuai peran dan fungsi masing-masing. Maka Saya, atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Magelang menyambut baik upaya Yayasan Ihsanul Fikri untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan dengan membangun Ihsanul Fikri Islamic Boarding School, sebuah konsep sekolah berasrama yang berupaya menyelenggarakan pendidikan dan pembinaan anak didik secara inklusif.

Boarding School atau sekolah berasrama adalah sebuah konsep pendidikan yang sudah lama dijiwai oleh masyarakat Indonesia, sebagai contoh dengan keberadaan pondok pesantren. Seiring dengan perkembangan zaman, sekolah berasrama hadir sebagai alternatif pendidikan yang tidak hanya menekankan kepandaian akademis namun juga ingin menanamkan pondasi agama dan pondasi kehidupan melalui pembiasaan pola hidup sehari-hari.

Orang tua pada khususnya, dan masyarakat secara umum, tentu menaruh harapan besar dengan keberadaan Ihsanul Fikri Islamic boarding School sebagai sekolah berasrama dengan berbasis agama untuk membina anak didiknya agar unggul secara akademis dengan basis agama dan moral yang kokoh. Insya Allah, dengan komitmen yang kuat dan upaya yang berkelanjutan, ke depan sekolah ini akan menjadi salah satu sekolah unggulan di Kota Magelang.

Hadirin yang berbahagia,
Kita harus selalu ingat, bahwa pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Hal ini tentu tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah. Orang tua, lingkungan, dan masyarakat juga punya andil untuk mewujudkannya.

Maka pada kesempatan ini, Saya mengajak semua pihak untuk turut berkontribusi aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta mendukung terwujudnya Kota Magelang sebagai Kota Jasa yang modern dan cerdas yang dilandasi masyarakat yang sejahtera dan religius.

Kota Magelang yang dalam berbagai aspek terus didata, juga harus diiringi dengan peningkatan sikap mental masyarakat. Dalam hal ini, kelak Ihsanul Fikri Islamic Boarding School diharapkan turut andil dalam pembentukan mental masyarakat tersebut.

Kiranya demikian beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga kelak Ihsanul Fikri Islamic Boarding School dapat menjadi sekolah yang unggul dalam pembinaan akademik, serta dapat menanamkan landasan Agama dan Pancasila kepada tunas-tunas bangsa kita. 

Sekian dan Terima kasih.
Wabillahitaufik wal hidayah, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



Magelang, 4 Desember 2016
Walikota Magelang

Ir. H. Sigit Widyonindito, MT

Dokumentasi Kegiatan


























Fotografer : Khusnudin dan Srikandi Puji Lestari