Selasa, 14 Februari 2017

KOMITE PAUD IT ASY SYAFFA’2 GANTEN MAGELANG MELAKSANAKAN BAKTI SOSIAL DI DUSUN POGALAN ATAS, DESA KAPONAN, KECAMATAN PAKIS

Suasana di area baksos (21/1)

YayasanIhsanulFikri | Pakis - Komite Paud IT Asy Syaffa' 2 Ganten Kota Magelang menggelar bakti sosial bertema "Kepedulian dalam Membantu Sesama" di daerah Pogalan Atas, Kaponan, Pakis pada Sabtu (21/1). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan POMG (Paguyuban Orang Tua Murid dan Guru) PAUD IT Asy Syaffa’ 2 Ganten yang bertujuan menumbuhkan kepedulian sosial sesame muslim, mempererat tali persaudaraan, meringankan beban pemenuhan kebutuhan pokok, dan membentengi aqidah umat muslim, serta mendukung keberadaan umat muslim yang berada di lingkungan yang minoritas agar tidak tergerus keimanan dan keislamannya.

Dalam sambutannya, Yazid dari kemenag Pakis selaku perwakilan perangkat desa setempat mengucapkan selamat datang, ucapan terima kasih dan permohonan maaf pada rombongan.
“Kulo saking kemenag kecamatan Pakis mewakili perangkat desa Kaponan ngaturaken ahlan wa sahlan (selamat datang.red). Selamat bertadabbur alam, inilah suasana di lereng Gn. Merbabu. Suatu kehormatan dan kepercayaan yang besar bagi kami menerima kunjungan dari PAUD IT Asy Syaffa’ 2 Ganten. Semoga Allah membalas dengan kebaikan yang serupa. Kami juga meminta maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan,” ungkap Yazid di hadapan para hadirin.
Siti Banatun Nafiah
Siti Banatun Nafiah selaku kepala PAUD IT Asy Syaffa’ 2 menyampaikan tujuan utama diselenggarakannya baksos di lokasi yang menjadi pilihan pihak Komite Sekolah.
“Alasan Bu Fita sebagai ketua Komite memilih desa ini sangat layak dan bagus untuk menjalin silaturahim kedepan, disamping itu kami juga ingin menanamkan karakter Islam yang rahmatan lil alamin (rahmat untuk seluruh alam.red), terimakasih atas sambutan warga, dan minta maaf atas keterbatasan kami. Semoga kebaikan yang sedikit ini mendapat ridho Allah SWT dan bermanfaat untuk warga masyarakat,” ucap ibu yang kerap disapa Afi. 
Fita Wahyu Hernawati, Ketua POMG PAUD IT Asy Syaffa’ 2 Ganten mempunyai visi agar silaturahim ini bisa berlanjut menjadi kerjasama dalam bentuk desa binaan.
“Harapannya kegiatan ini bisa menjadi stimulus berbagai pihak untuk mengadakan kegiatan serupa dan bisa berlanjut pada pengelolaan sumber daya manusia dalam bentuk program desa binaan,” tulisnya dalam pesan chatting whatsapp.         
Kegiatan yang diselenggarakan selama bakti sosial ini diantaranya adalah penyuluhan kesehatan bagi warga lanjut usia dengan tema “Mengenal Penyakit Hipertensi dan Pencegahan”, pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan tensi dan kesehatan warga. Sriyono, selaku penanggungjawab tim penyuluhan dan pelayanan kesehatan berharap semoga warga menjadi lebih paham untuk melakukan pencegahan sejak dini.
“Alhamdulillah, antusias warga sangat besar, separuh dari jumlah lansia yang hadir memiliki potensi terkena hipertensi mulai dari ringan, sedang dan berat. Semoga dengan mengenal tanda, gejala dan factor penyebabnya, warga bisa melakukan pencegahan dari sekarang,” terang Sriyono, wakil ketua POMG, PAUD IT Asy Syaffa’ 2 Ganten.
Dalam rangkaian acara Baksos ini, panitia juga menyelenggarakan seminar parenting yang membahas tentang pola pengasuhan anak yang dimulai dari pengokohan aqidah dan pembiasaan akhlak, pasar sembako dan sandang murah, dan sajian hiburan tari Ndayakan yang dibawakan siswa/siswi PAUD IT Asy Syaffa’ 2 Ganten. Usai acara, hasil penjualan dari kegiatan pasar murah akan disumbangkan ke panti asuhan yang terletak di Kota Magelang. (SPL)



 Dokumentasi Kegiatan