Rabu, 17 Mei 2017

Forum Osis Korda Kedu Siapkan Siswa Siswi Calon Pemimpin Bangsa

YayasanIhsanulFikri.org MAGELANG – Forum Osis Korda Kedu (Fosda Kedu) mengadakan Intermediate Leadership Camp (ILC) untuk seluruh pengurus OSIS SMP IT se-korda kedu. Acara ini diselenggarakan selama dua hari 13-14 Mei 2017 di TK Asy-Syaffa’ 2, Ganten, Kota Magelang dan diikuti dari 5 unit SMP IT se-Kedu. ILC dilaksanakan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan bagi siswa pengurus OSIS.


Suasana Kelas Saat Penyampaian Materi Kedua bersama Ustadz Budi Ilmawan


ILC merupakan salah satu rangkaian acara Latihan Kepemimpinan Dasar (LDK). LDK terdiri dari tiga tahapan yaitu; Basic Training (Batra) yang diselenggarakan di setiap unit SMP IT se-Jawa Tengah, ILC yang diselenggarakan di tingkat daerah dan Advance Leadership Camp di tingkat provinsi Jawa Tengah. Rangkaian acara LDK ini biasanya diselenggarakan setiap tahun. Ini merupakan tahun kedua setelah 2016 kemarin Forsis Kedu berhasil menyelenggarakan rangkaian acara LDK.

Ustadz Pamela Maher Wijaya, S. Sos. I., M. S. I, koordinator Fosda Kedu menyampaikan bahwa tema yang diangkat pada ILC tahun ini adalah Jenderal Soedirman. “Panitia berharap peserta mampu membangun rasa patriotisme dan nasionalisme serta jiwa negarawan sejati dari tokoh pahlawan ini. Siswa dan siswi SMP IT  adalah pewaris negara, sehingga mereka harus merasa memiliki bangsa ini dan mampu menjadi generasi penerus perjuangan para pahlawan”, lanjutnya.

Ustadz Pamel, Koordinator Forsis Kedu

Acara ini diisi dengan tiga materi dengan tema problematika remaja di Indonesia, manajemen konflik yang disampaikan oleh Ustadz Budi Ilmawan, dan dilanjutkan dengan materi dinamika kelompok yang disampaikan oleh Ustadz Anantio Widodo. Selain materi di dalam ruang kelas, acara ini juga diisi dengan napak tilas perjalanan Jenderal Soedirman dari Bukit Tidar ke Museum Soedirman, Kota Magelang.

Peserta Tertawa Lepas pada Saat Ustadz Anantio Widodo Membuat Game Menggambar Wajah Teman

Dalam kesempatan ini Ustadz Pamel juga menyampaikan bahwa setiap tahapan LDK yang dilaksanakan, akan ada targetan dan follow up. Beberapa target yang masuk ke dalam kriteria keberhasilan siswa dan siswi yang mengikuti agenda ini adalah sikap peserta dalam kelas, sikap peserta saat bersosialisasi dengan sesama peserta, dan sikap peserta dalam mengerjakan aktivitas harian seperti makan serta minum. Sedangkan follow up yang akan dilakukan khusus untuk forum ILC ini adalah agenda koordinasi dan event OSIS se-Korda Kedu. Seluruh unit SMP IT yang ikut dalam menyelenggarakan agenda ILC ini nantinya juga akan turut serta mengawal kegiatan yang diadakan oleh Forum Osis Daerah (Fosda).