Selasa, 22 Mei 2018

Kajian Ahad Pagi Masjid Asy Syifa dalam Rangkaian Al Yaum Ma'al Qur'an

Ustadz Sukoco, pemateri Kajian Ahad Pagi Masjid Asy Syifa (KAPMAS) (20/5) | Fotografer: Puji
Perintah puasa memiliki hakikat peningkatan derajat.
๐Ÿ”น๐Ÿ”ถ๐Ÿ”น๐Ÿ”ถ
Dr Sukoco
Kapmas Ahad 20 Mei 2018
๐Ÿ”น๐Ÿ”ถ๐Ÿ”น๐Ÿ”ถ

*Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh*

➖➖➖➖➖
Memori RSI adalah sebuah kenangan yang sangat berkesan bagi beliau. Semoga dakwah di kota Magelang menjadi luar biasa dari tempat ini.
➖➖➖➖➖

Perintah puasa memiliki hakikat peningkatan derajat. 
"Jangan sampai kamu mati dalam keadaan tidak bertaqwa".  
Sarana sarana agar bisa bertaqwa di sisi Allah dalam Al Baqarah 21 kita diperintahkan untuk selalu beribadah kepada Allah SWT.

 ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„ู†َّุงุณُ ุงุนْุจُุฏُูˆุงْ ุฑَุจَّูƒُู…ُ ุงู„َّุฐِูŠ ุฎَู„َู‚َูƒُู…ْ ูˆَุงู„َّุฐِูŠู†َ ู…ِู† ู‚َุจْู„ِูƒُู…ْ ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชَุชَّู‚ُูˆู†َ
"Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa,"
Pertama ibadah akan mengantarkan kita kepada Allah. Allah lah sang pencipta semesta alam. 
Orang musyrik ketika di tanya mereka menyembah siapa.. mereka akan berkata:
"Kami hanya mengikuti agama nenek moyang kami". (lihat Al A'raf: 172-173)
172. Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu mengeluarkan dari sulbi (tulang belakang) anak cucu Adam keturunan mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap ruh mereka (seraya berfirman), “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab, “Betul (Engkau Tuhan kami), kami bersaksi.” (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan, “Sesungguhnya ketika itu kami lengah terhadap ini,”

173. atau agar kamu tidak mengatakan, “Sesungguhnya nenek moyang kami telah mempersekutukan Tuhan sejak dahulu, sedang kami adalah keturunan yang (datang) setelah mereka. Maka apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang (dahulu) yang sesat?”(350*)

*)350. Agar orang-orang yang musyrik itu jangan mengatakan bahwa nenek moyang mereka dahulu telah mempersekutukan Tuhan, sedang mereka tidak tahu-menahu bahwa mempersekutukan
Tuhan itu salah, tidak ada jalan lagi bagi mereka, hanya meniru nenek moyang mereka yang mempersekutukan Tuhan. Karena itu, mereka manganggap mereka tidak patut disiksa karena kesalahan nenek moyang mereka.

Ketika berada di neraka mereka akan menyalahkan nenek moyang nya. (Orang yang mengajak) bahkan Manusia ini memiliki sifat iri ketika berada dalam neraka. 

Intinya adalah masalah ketundukan kita pada Allah. Intisari ketundukan adalah ibadah. Semakin tunduk semakin dekat dengan Allah. Apalagi jika dilakukan pada kondisi yang khas, seperti sepertiga malam terakhir.

Sholat 1 hari 17 rakaat dengan 34 x sujud plus 5 sholat rawatib dengan 10x sujud, atau 44 x sujud kepada Allah sehari. Kedekatan dengan Allah harus berbekas dalam sikap keseharian kita. 
Sama dengan ketika kita mendengar Al Qur'an atau membacanya, jika kita ngantuk.., berarti kita belum dekat dengan Qur'an, karena menikmati ibadah itu bisa dijadikan tolak ukur kedekatan pada derajat taqwa.

Kedua untuk mencapai tahap taqwa yaitu dengan berpuasa. Berpuasa Ramadhan. Bulan ini merupakan bulan tarbiyah. Charge baterai kehidupan kita. Dalam Qur'an Surah Al Baqarah 183:

ูŠَุง ุฃَูŠُّู‡َุง ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุขู…َู†ُูˆุงْ ูƒُุชِุจَ ุนَู„َูŠْูƒُู…ُ ุงู„ุตِّูŠَุงู…ُ ูƒَู…َุง ูƒُุชِุจَ ุนَู„َู‰ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู…ِู† ู‚َุจْู„ِูƒُู…ْ ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชَุชَّู‚ُูˆู†َ 
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,"
Ketiga ketika kita mendengar ayat tentang qisosh (pelaku kejahatan dibalas seperti perbuatannya) juga berakhir dengan agar kamu bertakwa, seperti pada Al Baqarah 179:

ูˆَู„َูƒُู…ْ ูِูŠ ุงู„ْู‚ِุตَุงุตِ ุญَูŠَุงุฉٌ ูŠَุง ุฃُูˆู„ِูŠ ุงู„ْุฃَู„ْุจَุงุจِ ู„َุนَู„َّูƒُู…ْ ุชَุชَّู‚ُูˆู†َ

"Dan dalam qishรขsh itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa."
Ayat tentang hukum qisosh biasanya terkait dengan hukum jinayah (pidana).

Itulah syariah yang membuktikan Islam adalah keindahan. Banyak yang tertarik pada Islam karena membahas banyak hal, ekonomi, sosial, hukum termasuk IPTEK. dll. 

*Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barokatuh*

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
(NB/SPL)

Presensi | Fotografer : Puji
Ustadz Rakhmat Raafi selaku pembawa acara | Fotografer: Puji

Ustadz Sukoco | Fotografer: Puji
Suasana jamaah laki-laki | Fotografer: Puji
Serius menyimak | Fotografer: RR

Kajian telah usai, cheesee.. | Fotografer: Puji