Jumat, 01 Februari 2019

Profil, Visi, dan Misi Yayasan Ihsanul Fikri Kota Magelang

Yayasan Ihsanul Fikri merupakan sebuah lembaga nirlaba yang bergerak dalam bidang pendidikan, dakwah, dan sosial kemasyarakatan. Dalam beberapa kesempatan, pelaksanaan aktivitas dan kegiatan, yayasan bekerja sama dengan berbagai komponen masyarakat lainnya. Hal ini tentu tidak bisa dilepaskan dari pemahaman bahwa seluruh visi dan misi serta program dan kegiatan yayasan, manfaatnya adalah untuk masyarakat luas.

Yayasan ini bermula dengan mendirikan lembaga pendidikan non formal sejak tahun 1999. Kini, Yayasan Ihsanul Fikri sudah berkembang dengan mendirikan lembaga-lembaga formal maupun non-formal, mengembangkan kajian-kajian dakwah, serta pembangunan, pemeliharaan dan perluasan wakaf. kegiatan pendidikan, dakwah, dan sosial kemasyarakatan mengacu pada prinsip membangun kejayaan umat dan mencerminkan Islam yang rahmatan lil-'alamin.

VISI
Lembaga dakwah dan pendidikan islam terkemuka dan modern dalam membentuk masyarakat berpendidikan dan berakhlakul karimah, berbudi pekerti luhur, sehingga menjadi manusia yang beriman, berilmu, beramal, dan bermanfaat.

MISI
* Membina dan mengembangkan dakwah dan pendidikan Islam dalam arti yang seluas-luasnya;
* Mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dengan penguasaan IPTEK dan IMTAQ agar mampu menjadi pelopor perubahan;
* Mengelola tanah dan atau bangunan yang berasal dari wakaf, hibah, atau lainnya untuk dibangun/ dimanfaatkan sebesar-besarnya demi kemaslahatan umat;
* Memberdayakan anak yatim, piatu, yatim-piatu, kaum dhuafa', dan anak-anak yang berprestasi dengan memberikan pendidikan dan ketrampilan yang layak;
* Berperan aktif meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, baik pembangunan struktur maupun infrastruktur;
* Menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan baik untuk civitas yayasan pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya;
* Berperan aktif dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan keagamaan di masyarakat.