Selasa, 17 September 2019

Ketika Hujan Turun, Buku Karya Tri Handayani

Buku Ketika Hujan Turun Karya Tri Handayani, tenaga didik KB/TK IT Asy Syaffa' 1 Kota Magelang
YayasanIhsanulFikri.org | Magelang -  Ketika Hujan Turun merupan salah satu karya Tri Handayani seorang tenaga pendidik KB/TK IT Asy Syaffa' 1 Kota Magelang. Buku ini merupakan buku pengayaan untuk anak usia SD / Kelas Rendah dalam bentuk cerpen. Ide cerita diambil dari indikator dalam silabus yang bertujuan menanamkan karakter kemandirian, peduli sesama, religius, dan kreatif pada anak. Ada 10 judul dalam buku ini. Berisi cerita yang ada kaitannya dengan penanaman, sikap dan keterampilan.

"Salah satu tokoh, biasa dipanggil Vera, ternyata nama lengkapnya aloe vera linn, idenya dari buku sains manfaat tanaman sebagai obat. Ada pula kisah yang mengupas tentang meminta ijin jika menggunakan benda bukan miliknya. Cocok bagi orang tua yang memiliki anak usia SD, untuk merangsang anak gemar membaca," terang Tri. (SPL)
Tentang Buku Ketika Hujan Turun : 

Tiba-tiba wajahnya terkena air yang menetes lembut. Ia tahu betul bahwa gerimis mulai datang. Tetesannya membasahi jalanan beraspal yang berselimut debu tipis. Shofi segera mencari tempat berteduh. Ia tidak membawa payung atau jas hujan. Ibunya selalu mengingatkan Shofi untuk membawanya tapi Shofi enggan. Menurutnya ia lebih senang berhujan-hujanan daripada tasnya menjadi lebih berat.

Beberapa pengendara sepeda motor berhenti untuk mengenakan  jas hujan. Pejalan kaki pun buru-buru mengeluarkan payung dari tas mereka. Shofi buru-buru mencari tempat berteduh yang letaknya paling dekat. Sepatunya terkena cipratan titik-titik pasir yang basah. Rambutnya seperti terkena embun.

“Sini Nak, Berteduh di sini!” Ajak seorang ibu pemilik warung. Ia menjual es kelapa muda. Sepertinya es dagangannya belum banyak yang terjual.

“Ya Bu.” Kata Shofi sambil berlari menunduk menghindari tetesan hujan yang mulai menderas.

“Duduk saja di bangku panjang itu.” Kata ibu itu menyilakan duduk. Ia berdiri di belakang meja yang berisi toples-toples berisi larutan gula dan serutan kelapa muda. Ia memandangi jalanan yang mulai basah terkena air hujan.

Pengalaman apa yang didapatkan Shofi ketika turun hujan?   Ikuti kisahnya.  Banyak hal yang dapat dipetik dari kisah ini. Mensyukuri nikmat hujan dari Allah SWT.

Baca juga kisah Sang Juara, Dua Jam di Bis Antarkota, Pejuang Sejati, dan masih banyak lainnya.  Kisah inspiratif untuk anak-anak yang mampu  menyentuh hati.


Judul: Ketika hujan turun
Penerbit: Mandiri Jaya
Pengarang: Tri Handayani 
Tahun: 2019
ISBN: 978-623-7500-05-6


Selengkapnya baca disini