Kamis, 03 Oktober 2019

SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang Menjadi Mitra Pelatihan Penyusunan PTK bersama Tim PKM Universitas Tidar

Suasana pelatihan Penyusunan PTK

YayasanIhsanulFikri.org | Magelang - SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang menjadi salah satu mitra pelatihan penyususnan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersama tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Tidar pada Jumat (29/3) hingga Senin (23/9) di  SMP Negeri 8 Magelang. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendukung kegiatan pembelajaran yang lebih baik bagi guru di sekolah.

Dalam memperbaiki proses pembelajaran, guru dapat melaksanakan berbagai penelitian. PTK merupakan salah satu cara yang efektif  yang dapat dilakukan oleh guru. Oleh karena itu, tim PKM Universitas Tidar melaksanakan kegiatan pelatihan untuk bapak ibu guru SMP di Kota Magelang. SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang dan SMP Negeri 8 Magelang menjadi sekolah mitra penyelenggaraan kegiatan tersebut. Kegiatan PKM ini diselenggarakan sebanyak 7 kali pertemuan. 

Setiap pertemuan berjalan dengan lancar dan mendapatkan partisipasi serta apresiasi yang baik dari bapak ibu guru di kedua sekolah tersebut. Peserta pelatihan PTK terdiri dari beberapa guru mata pelajaran, antara lain guru Matematika, IPA, IPS, Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, Bimbingan Konseling (BK), dan PJOK.

Serangkaian kegiatan pelatihan penyusunan PTK ini dilakukan oleh tiga orang dari tim PKM ditambah mahasiswa dalam teknis pelaksanaan kegiatan. Masing-masing pemateri memiliki kompetensi di bidangnya. Pelatihan ini juga didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang dan  Prof. Dr. Sukarno, M.Si., Dekan FKIP Universitas Tidar sebagai narasumber.
“Kegiatan PKM ini merupakan salah satu program tri dharma perguruan tinggi dan kami berharap program PKM dapat bermanfaat untuk bapak ibu guru khususnya pada program pelatihan penelitian tindakan kelas yang saat ini kami laksanakan di SMP Negeri 8 Magelang,”ungkap Aprilia Nurul Chasanah, M. Pd. selaku ketua tim PKM.
Pada pertemuan terakhir dihadiri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang yang diwakili oleh Bapak Heriyono, M.Pd. Dalam sambutannya Bapak Heriyono, M.Pd menyampaikan semoga kegiatan ini tidak berhenti pada pelaporan hasil PTK namun juga dijadikan sebuah artikel untuk diseminarkan dan diterbitkan dalam sebuah jurnal. Bapak Heriyono juga menyampaikan semoga kerja sama yang terjalin ini tidak berhenti sampai di sini dan ke depan semoga ada program-program  lain yang bermanfaat. Tidak  lupa Bapak Heriyono, M. Pd menyampaikan terima kasih kepada Tim PKM yang telah memfasilitasi pelatihan PTK ini. 

Sambutan yang kedua dari Kepala Sekolah SMP Negeri 8 Kota Magelang, Bapak Imam Baihaqi, M. Pd, yang dalam sambutannya mengapresiasi pelatihan PTK ini dan berterima kasih kepada Tim pengabdian Universitas Tidar karena telah memfasilitasi pelatihan ini. Diharapkan semoga ke depannya bisa bekerja sama lagi, tidak berhenti sampai kegiatan ini saja. 

Hal ini tentunya juga disambut baik oleh Ketua Tim PKM Universitas Tidar, Aprilia Nurul Chasanah, M.Pd. yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang yang telah memberi dukungan, kepada Guru-Guru SMP Negeri 8 Kota Magelang dan SMP IT Ihsanul Fikri atas kesediaan Bapak Ibu Guru mengikuti pelatihan PTK sampai ke pelaporan PTK.

Charis Rahmawati, guru Bahasa Indonesia SMP IT Ihsanul Fikri Kota Magelang banyak menemukan hal baru selama mengikuti pelatihan ini.
"Dengan kegiatan tersebut, kami guru bisa belajar hal-hal baru mengenai metodologi pembelajaran ,hal ini menjadikan kami lebih bisa berinovasi terhadap kelas dan peserta didik. Selain itu kami juga dipaksa menulis, memang agak sulit karena harus meluangkan waktu untuk membaca dan menganalisa.kami harap ada pelatihan lainnya yang bisa menunjang inovasi guru dalam melakukan proses belajar mengajar," ungkap Charis.
Semoga kegiatan ini  bermanfaat bagi semuanya. Semangat menulis, salam penelitian. (Rilis/SPL)

Aprilia Nurul Chasanah memberikan pelatihan pada para guru

Peserta menyimak pemaparan pemateri

Foto Tim PKM bersama guru-guru mitra peserta pelatihan